Dark/Light Mode

Nekat Curi Duit Penumpang Pesawat

Selasa, 16 Januari 2024 07:40 WIB
Pesawat Scoot ketika di Bandara Changi, Singapura. (Foto: Reuters/Edgar SU)
Pesawat Scoot ketika di Bandara Changi, Singapura. (Foto: Reuters/Edgar SU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penumpang kecopetan di bus maupun di kereta, sudah sering kita dengar. Namun kali ini sebuah penerbangan heboh, gara-gara penumpangnya mencuri duit tiga penumpang lain.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (15/1/2024), pencuri itu bernama Zhang Xiuqiang (52). Ia adalah penumpang asal China yang terbang dari Bandara Ho Chi Minh, Vietnam menuju Singapura pada 16 Desember 2023.

Baca juga : Gen Z Partai Buruh Gelar Diskusi, Bahas Peran Pemuda Dalam Politik

Zhang saat itu terbang menggunakan pesawat Scoot. Dalam penerbangan, Zhang melakukan pencurian. Aksinya diselidiki saat awak kabin menerima laporan kehilangan uang dari tiga orang penumpang.

Zhang dituduh merogoh tas mereka dan mencuri uang dolar Singapura, dolar AS dan uang dong Vietnam.

Baca juga : Debat Capres Ketiga Penuh Kritik, Ini Kata Pengamat

Saat diperiksa, Zhang tak mengaku. Dalam laporan pengadilan, ia diduga melemparkan sebagian uang tunai ke lantai pesawat untuk menghilangkan bukti. Totalnya 23.250 dolar AS atau Rp 361 jutaan.

Zhang ditahan saat pesawat mendarat di Bandara Changi, Singapura. Uang itu dikembalikan kepada tiga penumpang yang mengaku kehilangan.

Baca juga : Ngidam, Dari Dubai Terbang Ke Las Vegas

Berdasarkan hukum Singapura, mereka yang terbukti melakukan pencurian dapat dipenjara hingga tiga tahun, denda atau keduanya. Namun Zhang meminta keringanan, sehingga hanya dijatuhi hukum penjara 8 bulan pada 12 Januari 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.