Dark/Light Mode

Dubes Prancis Untuk Indonesia Fabien Penone Luncurkan Beasiswa Sepak Bola

Rabu, 24 Januari 2024 06:04 WIB
Dubes Fabien Penone (belakang berdasi) bersama para panitia pelaksana beasiswa Bola d’Or di Jakarta, Sabtu 20/1/2024. (Foto: IFI Jakarta)
Dubes Fabien Penone (belakang berdasi) bersama para panitia pelaksana beasiswa Bola d’Or di Jakarta, Sabtu 20/1/2024. (Foto: IFI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu program pencarian bakat sepak bola hadir di Indonesia. Program tersebut bernama Bola d’Or Indonesia. Kerja sama pendidikan dan olahraga itu mendapat dukungan Kementerian Luar Negeri Prancis.

Digarap bersama Kedutaan Besar Prancis, French Football Academy (FFF), Institut Francais d’Indonesie (IFI), Life School, dan Silk Road Sports Indonesia, Bola d’Or membuka kesempatan bagi talenta muda Indonesia untuk mendapatkan beasiswa sepak bola. Program tersebut dimulai Januari ini.

Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone mengaku senang bisa melihat bibit unggul pesepak bola Indonesia bisa mencicipi program pengembangan keahlian sepak bola dari Negeri Menara Eiffel itu.

Baca juga : Gibran: Impor Minyak Indonesia Berhasil Turun dengan Pengembangan Energi Terbarukan

“Ini kesempatan memupuk potensi pesepak bola muda Indonesia. Semoga di masa depan, prestasi Indonesia di bidang sepak bola makin bersinar,” harap Dubes Penone, saat mengikuti acara konferensi pers peluncuran program Bola d’Or di IFI Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Program ini memberikan kesempatan kepada ratusan anak Indonesia, baik perempuan maupun laki laki kelahiran 2014 dan 2015, untuk mengikuti seleksi yang digelar di Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi.

Anak-anak yang memenuhi syarat akan mengikuti tahap deteksi bakat mulai Januari sampai Juni mendatang. akan ada enam tahap seleksi, termasuk melibatkan sesi belajar Bahasa Prancis.

Baca juga : Terinspirasi Ganjar, Gabungan Seniman Indonesia Gencar Gerakkan Pola Hidup Sehat

Seleksi ini akan menentukan 10 anak untuk bergabung di FFF French Football Academy Jakarta. Sementara dua anak lainnya mendapatkan beasiswa sekolah di Life School–Lycee Francais de Jakarta.

Proses seleksi akan dilakukan tim FFF dan keseluruhan acara disusun Silk Road Sports Consulting. Program ini dibuka secara gratis untuk semua anak berkewarganegaraan Indonesia, tetapi dengan syarat calon peserta harus berkomitmen mengikuti enam tahap seleksi.

untuk tahap satu, per lokasi terbatas diikuti 60 anak saja. Sementara tahap dua (Februari-Maret 2024), peserta diseleksi hingga 40 anak per lokasi.

Baca juga : Tanggapi Desakan Gibran Mundur, Kaesang Serahkan Penilaian Ke Masyarakat

Tahap tiga (April-Mei 2024) menyisakan 30 anak per lokasi, dan tahap empat (Mei-Juni 2024) hanya ada 20 anak di setiap lokasinya.

Terakhir, tahap lima, akan dipilih lima anak dari setiap lokasi (total 20) untuk mengikuti seleksi pamungkas di PSF Pancoran, Jakarta, pada 22 Juni 2024.

Nantinya, pada tahap enam akan didapatkan 10 peserta terbaik yang berhak menimba ilmu di French Football Academy Jakarta. Dua di antaranya juga akan menerima beasiswa pendidikan di Life School Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.