Dark/Light Mode

Kecewa Kebijakan AS Bela Israel

Kaum Muda Warga Dan Arab Ogah Pilih Biden

Sabtu, 27 Januari 2024 06:37 WIB
Donald Trump dan Joe Biden. Foto: AFP / TIMOTHY A. CLARY, AFP / SAUL LOEB
Donald Trump dan Joe Biden. Foto: AFP / TIMOTHY A. CLARY, AFP / SAUL LOEB

RM.id  Rakyat Merdeka - Para aktivis dan pendukung pro Palestina selalu menghadiri kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Mereka menentang kebijakan Paman Sam yang berpihak pada Israel, yang tengah berkonflik dengan Hamas.

Aktivis pendukung Palestina tercatat beberapa kali menginterupsipidato Presiden Biden saat kampanye di University of George Mason, Manassas, Virginia, Selasa (23/1/2024). Mereka meneriakkan yel-yel anti Biden sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Gaza. Pendemo geram karena Biden terkesan bodo amat dengan kekejaman Israel di Gaza.

Menurut media online, Politico, Jumat (26/1/2024), pidato Biden di Virginia membahas mengenai Undang-Undang (UU) Aborsi yang telah keluar dari jalur. Di tengah pidatonya, tiba-tiba ada demonstran yang menyela.

Baca juga : Hanura Siapin Alat Canggih Kawal Suara Partai Dan Ganjar-Mahfud

“Lantas berapa bayi yang kau biarkan mati di Gaza?” teriak pendemo.

“Gencatan senjata sekarang atau tidak ada suara untukmu,” ancam seruan lain “Joe sipem­bunuh” pun terdengar sampai pihak kepolisian mengamankan para demonstran.

Aksi protes itu diorganisir oleh Die-In For Humanity. Seki­tar 700-an anggota kelompok itu telah datang di hampir 100 acara yang dihadiri Biden. Mereka juga demo di luar kediaman para anggota kabinet Biden.

Baca juga : Tarik Pasukan Dari Gaza, Israel Ganti Strategi Perang Lawan Hamas

Pemimpin Die-In For Humanity, Hazami Barmada menga­takan, pihaknya melihat adanya pergeseran arus dukungan warga Paman Sam terhadap Biden.

“Dia tidak akan mendapatkan suara dari komunitas Arab-Amerika ketika masih terus menerus mengabaikan suara komunitas Arab-Amerika yang berulangkali menyerukan agar ketidakadilan dan kekejaman di Gaza segera dihentikan,” jamin Barmada.

Menurut Gedung Putih, Biden tidak keberatan dengan kehadiran massa pro Palestina di setiap jadwal kampanyenya. Biden mendukung aksi demo selama itu tidak rusuh.

Baca juga : HT Dan Liliana Gelar Bazar Murah, Warga Doakan Perindo Menang Pemilu

“Biden yakin Israel tengah berjuang melawan Hamas. Kami juga tengah berjuang untuk mendesak Israel agar lebih fokus meminimalisir korban sipil dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan,” ujar Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.