Dark/Light Mode

Dubes Jerman Untuk Indonesia Ina Lepel Peringati Hari Holocaust Sedunia

Selasa, 30 Januari 2024 06:47 WIB
Dubes Ina Lepel memposting fotonya saat memperingati Hari HolocaustInternasional, Sabtu (27/1/2024). (Dok Ina Lepel)
Dubes Ina Lepel memposting fotonya saat memperingati Hari HolocaustInternasional, Sabtu (27/1/2024). (Dok Ina Lepel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia baru saja memperingati Hari Holocaust Internasional pada Sabtu (27/1/2024). Tanggal ini menjadi momen memperingati kengerian Holocaust, yang dilakukan tentara Nazi di Jerman. Peringatan ini sudah mendunia sejak 2005.

Holocaust adalah peristiwa pembunuhan massal kaum Yahudi yang dilakukan pasukan Nazi Jerman kepada jutaan warga Yahudi di era Perang Dunia II. Israel mengklaim, tragedi itu menewaskan sekitar 6 juta orang.

Baca juga : Leo/Daniel Selamatkan Wajah Indonesia

Istilah Holocaust pun dapat digunakan untuk pemusnahan etnis lain oleh sebuah negara. Tanggal 27 Januari dipilih karena menandai hari pada 1945, ketika Auschwitz di Polandia, kamp maut dan konsentrasi terbesar Nazi Jerman, dibebaskan pasukan Uni Soviet.

Menurut situs History.com, pasukan Soviet menduga kamp di bagian selatan Polandia ini kosong. Namun ternyata mereka keliru. Auschwitz awalnya terlihat senyap dan ditelantarkan. Para tentara tidak lama kemu dian menyadari, ternyata tempat itu dipenuhi orang-orang, dengan ribuan di antara mereka dibiarkan mati. Mereka melihat para tentara, para tahanan yang kurus kering itu berpelukan, berciuman dan menangis.

Baca juga : Dubes India Untuk Indonesia Sandeep Chakravor Ngarep Persahabatan Kedua Negara Langgeng

Tanggal itu ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai salah satu hari interna sional, melalui Resolusi Majelis Umum PBB Nomor 60/7 pada 1 November 2005, pada peringa tan 60 tahun pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz. PBB merasa perlu mengadopsi peristiwa tersebut, agar babak gelap sejarah umat manusia itu tak terulang.

Harapan senada juga disampaikan Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel, di akun media sosial X pribadinya, Sabtu (27/1/2024). “Mari mengenang korban Holocaust. Mendoakan jutaan nyawa tidak berdosa yang dibunuh rezim Nazi,” cuit Dubes perempuan ini.

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Kawal Janji Mahfud Soal Pengesahan RUU PPRT

Postingan ini disertai foto Dubes Lepel yang memegang sebuah kertas besar yang berbunyi “We remember” atau “ Kami ingat”. Dalam postingannya itu, Dubes Lepel juga berdoa agar kekejaman serupa yang dilakukan pasukan Nazi, dengan menyiksa dan membunuh jutaan nyawa Yahudi, tidak pernah terjadi lagi di kehidupan modern ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.