Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Tanam Sakura Bersama Putri Takamado

Selasa, 6 Februari 2024 06:29 WIB
Dubes Heri Akhmadi (tengah) bersama istri, Nuning Akhmadi (kiri) bersama Putri Takamado foto bersama setelah acara penanaman Pohon Sakura, di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 1 Februari 2024. (Foto: KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi (tengah) bersama istri, Nuning Akhmadi (kiri) bersama Putri Takamado foto bersama setelah acara penanaman Pohon Sakura, di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 1 Februari 2024. (Foto: KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar acara spesial bersama Putri Takamado, anggota keluarga Kerajaan Jepang, pada Kamis (1/2/2024). Acara tersebut adalah Jamuan Teh Petang dan Penanaman Pohon Sakura di Wisma Duta Besar RI Tokyo.

Penanaman Pohon Sakura ini merupakan bagian rangkaian peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Selain Putri Taka mado, acara ini juga dihadiri Ibu Negara Jepang, Yuko Kishida, dan Istri Chief Cabinet Secretary Jepang, Yuko Hayashi.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi mengatakan, bahwa penanaman Pohon Sakura ini adalah simbol persahabatan yang erat dan kuat antara kedua negara.

Baca juga : Dubes RI Untuk Turki Achmad Rizal Purnama Hadiri Deklarasi Pemilu Damai

“Pohon ini akan menambah koleksi 10 pohon Sakura di Wisma Duta. Kami berharap pohon ini akan tumbuh subur dan mekar setiap tahunnya, seperti hubungan Indonesia dan Jepang yang semakin berkembang dan berbunga,” ujarnya.

Heri juga mengingatkan, September tahun lalu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Kishida Fumio sepakat meningkatkan status hubungan bilateral kedua negara menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Acara hari ini adalah bukti kedekatan hati Indonesia dan Jepang,” tambah politisi PDIP itu.

Baca juga : Mahfud Janjikan Kesejahteraan Pekerja Industri Batam

Putri Takamado, yang dikenal sebagai pecinta budaya Indone sia, mengaku senang dan terhormat dapat berpartisipasi dalam penanaman Pohon Sakura ini. Dia mengapresiasi upaya KBRI Tokyo untuk mempromosikan budaya dan kerja sama Indonesia di Jepang.

“Penanaman Pohon Sakura ini adalah tanda persahabatan yang indah dan abadi antara Indonesia dan Jepang. Saya berharap pohon ini akan menjadi saksi perkembangan hubungan kedua negara di masa depan,” tuturnya.

Acara ini juga merupakan kerja sama antara KBRI Tokyo dengan Ikebana International dan Ikebana Tokyo Founding Chapter, dua organisasi yang bergerak di bidang seni merangkai bunga.

Baca juga : Mendag Gandeng Raffi Ahmad Kampanyekan Beli Produk Lokal

Para tamu undangan dapat menyaksikan demonstrasi merangkai bunga bersama Sita Laretna, ahli bunga asal Indonesia yang menampilkan kreasi bunga dan janur khas Nusantara.

Selain itu, para tamu undangan juga dihibur penampilan Tari Oleg Tamulilingan, tari tradisional Bali yang mengekspresikan kemesraan antara dua ekor kupu-kupu. Acara ditutup dengan minum teh bersama dan menikmati hidangan khas Indonesia, seperti nasi goreng, sate ayam, dan kue lapis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.