Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Mesir Lutfi Rauf Apresiasi Baznas Salurkan Bantuan Untuk Palestina

Sabtu, 13 Januari 2024 07:41 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf. (Foto KBRI Cairo)
Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf. (Foto KBRI Cairo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf menyampaikan apresiasi atas aksi kemanusiaan yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam membantu masyarakat Palestina. Pujian ini disampaikan Dubes Lutfi saat mengikuti acara Laporan Program Bantuan Kemanusiaan dengan tajuk "Membasuh Luka Palestina", yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024). Dubes Lutfi hadir dalam acara tersebut secara online dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo.

“Indonesia selalu konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Sebagai bentuk solidaritas dan rasa kemanusiaan yang mendalam atas perjuangan rakyat Palestina, saya pribadi melihat antusiasme yang sangat tinggi dari rakyat Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan dalam berbagai bentuk melalui lembaga-lembaga yang terpercaya, salah satunya Baznas,” ujar Dubes yang pernah bertugas di Thailand.

Masih dalam momen yang sama, Dubes Lutfi menyebutkan, kontribusi Baznas dalam penyaluran bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia kepada Palestina telah dimulai sejak pengiriman tahap pertama dengan tiga pesawat yang tiba di El Arish pada 6 November lalu.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Siapkan Bantuan Untuk Korban Gempa Ishikawa

“Saya turut hadir di El Arish untuk mengawal proses penerimaan dan pengiriman bantuan ke Gaza melalui perbatasan Rafah. Disusul kemudian melalui dua pesawat lainnya pada 22 November,” sambungnya.

Selain pengiriman langsung dari Indonesia, lanjut Dubes Lutfi, Baznas juga telah menyalurkan bantuan melalui lembaga yang secara resmi ditunjuk Mesir, yaitu Egyptian Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Mesir, serta juga bekerja sama dengan lembaga terpercaya lainnya di Mesir.

“Kami mendengar laporan bahwa Baznas akan melanjutkan pengiriman bantuan tahap-tahap berikutnya, baik berupa bantuan tenda, bahan makanan, obat-obatan dan peralatan medis, termasuk beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswi Palestina yang sedang menuntut ilmu di Mesir,” tambahnya.

Baca juga : Dubes Jepang Apresiasi Dukungan RI Atas Musibah Gempa Dan Kecelakaan Pesawat

Dubes Lutfi berharap, bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari rakyat Indonesia terus meningkat, demi turut meringankan beban warga Palestina di Gaza. Menurutnya, dengan kondisi Gaza yang luluh lantak, belum dapat dipastikan kapan bantuan bisa diakhiri.

“Kita masih perlu menyiapkan napas panjang untuk membantu tahap rehabilitasi dan rekonstruksi bagi warga Gaza,” tutur Lutfi.

“Model yang dilakukan Baznas dapat dijadikan contoh untuk penyaluran bantuan berikutnya. Kami atas nama KBRI Mesir mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan selama ini, sehingga bantuan yang disalurkan dapat tepat sasaran, insya Allah,” imbuhnya.

Baca juga : Tim Hukum Merah Putih Dan Relawan Prabowo-Gibran Berikan Bantuan Hukum Gratis

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Baznas KH Noor Achmad. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KBRI Cairo, dan seluruh pihak yang turut andil dalam penyaluran sehingga bantuan dapat diterima warga Palestina.

Kiai Noor menyampaikan, bantuan-bantuan masih akan terus dikirimkan. Saat ini, Baznas menargetkan pengumpulan bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp 250 miliar yang akan disalurkan dalam tiga tahap. Yakni , di tahap tanggap darurat, tahap rehabilitasi, dan tahap rekonstruksi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.