Dark/Light Mode

Selirnya Mbalelo, Raja Thailand Uring-uringan

Jumat, 25 Oktober 2019 07:47 WIB
Selirnya Mbalelo, Raja Thailand Uring-uringan

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Thailand, Vajiralongkorn lagi uring-uringan lantaran istri selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi mbalelo. Saking kesalnya, Raja pun mencabut gelar sang selir yang baru diterimanya pada Juli lalu.

Sikap Sineenat dikabarkan sudah melampaui batas toleransi kerajaan. Ia bahkan disebut tidak hormat kepada Raja dan Ratu. “Sineenat sudah tidak memiliki pangkat dan gelar. Karena salah bertingkah laku dan tidak setia kepada monarki,” bunyi pernyataan resmi dari istana kerajaan.

Baca juga : Sandiaga Uno Akhirnya Kembali ke Pangkuan Gerindra

Selain itu, sang selir juga disebut- sebut cukup ambisius untuk menaikkan posisinya sejajar dengan ratu. Bahkan, Sineenat berani menyalahgunakan kekuasaan dengan mengeluarkan perintah atas nama raja. Raja, lanjut pernyataan tersebut, menyebut ia tidak menunjukkan rasa terima kasih terhadap gelar yang diberikan kepadanya. Ia dikatakan, tidak bertingkah laku sesuai dengan statusnya.

Pihak kerajaan juga menyebut Sineenat menentang penunjukkan Ratu Suthida, istri keempat Raja. Sineenat disebut-sebut berharap da pat menduduki posisi tersebut. Kini nasib selir yang pernah berprofesi sebagai perawat, pengawal, pilot, dan penerjun payung tidak jelas. Sejum lah kalangan memperkirakan, masa depannya akan ditentukan istana. Padahal, Sineenat baru saja diangkat sebagai wakil penasihat inisiatif reformasi penjara pada 30 Agustus lalu.

Baca juga : Serunya Jajal Toyota Hybrid Di Banyuwangi

Dalam sejarah Kerajaan Thailand, Sineenat adalah pemegang gelar resmi selir kerajaan pertama dalam kurun hampir 100 tahun terakhir. Selain cantik, ia adalah wanita terdidik dan banyak menghabiskan hidupnya di Jerman.

Selain selir, kerajaan Thailand juga memecat enam staf termasuk seorang perem puan, pejabat polisi senior, dan dua pengawal. Mereka disebut melanggar peraturan dengan menggunakan jabatan resmi mereka demi kepen tingan pribadi atau orang lain. Guru Besar Sejarah Thailand di Cornell University, Tamara Loos mencoba, menebak-nebak apa yang terjadi di balik pencabutan gelar selir ini.

Baca juga : Ketua Parlemen dan Menteri Thailand Beri Penghormatan pada Mendiang BJ Habibie

“Sineenat kemungkinan bagian dari sistem perlin- dungan dan dia kemungkinan berperan dalam cara yang tidak begitu cocok bagi dirinya,” kata Loos seperti dikutip dari BBC. Loos kemudian mengisyaratkan adanya kemungkinan pengelompokan di istana. Lebih lanjut, ia menyebut pernyataan yang dikeluarkan istana kerajaan ini dipandang sebagai kemuncilalan monarki absolut modern di Thailand. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.