Dark/Light Mode

Pangeran Harry Yakin, Penyakit Kanker Raja Charles Eratkan Hubungan Keluarga

Sabtu, 17 Februari 2024 06:29 WIB
Duke of Sussex Pangeran Harry (Foto: Getty Images via BBC)
Duke of Sussex Pangeran Harry (Foto: Getty Images via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duke of Sussex, Pangeran Harry meyakini, hubungan antar keluarga di Kerajaan Inggris bisa menjadi lebih dekat, setelah Raja Charles III didiagnosis kanker. Hal ini diungkap Pangeran Harry, dalam wawancara perdana setelah ayahnya sakit.

Kepada TV AS, Pangeran Harry mengaku tak buang waktu untuk memesan tiket pesawat, untuk menemui Raja Charles, begitu mendengar kabar sang ayah didiagnosis kanker.

Dalam wawancara dengan ABC News, Pangeran Harry mengaku bersyukur, karena memiliki waktu bersama ayahnya dalam pertemuan singkat di London. “Akan ada lebih banyak kunjungan ke Inggris. Saya akan datang berkunjung dan menemui keluarga saya, sebanyak yang saya bisa,” ungkap Pangeran Harry.

Namun, dia enggan mengungkap kondisi Raja saat ini. “Biarlah itu menjadi bagian kisah antara saya dan dia,” tuturnya.

Kecintaan pada keluarga, juga diungkap Pangeran Harry dalam wawancara dengan ABC's Good Morning America, saat mempromosikan Invictus Games di Kanada.

Baca juga : Satu Putaran Makin Banyak, Disuarakan Lembaga Survei

Invictus Games adalah sebuah kompetisi olahraga internasional untuk veteran yang mengalami cedera akibat perang atau sakit, yang didirikan oleh Harry pada tahun 2014.

Invictus Games dibuat untuk mempererat persahabatan. Kegiatan ini membuktikan, olahraga dapat menyembuhkan seseorang, baik secara fisik, psikologis, dan sosial.

"Saya mencintai keluarga saya. Saya bersyukur, bisa terbang ke Inggris serta menemui dan menghabiskan waktu bersama ayah saya,” tutur pria kelahiran 15 September 1984.

Dengan mengambil contoh orang-orang yang ambil bagian dalam Invictus Games, Pangeran Harry meyakini, tekanan penyakit dapat membantu menyatukan keluarga. “Saya melihat sendiri. Bagaimana kekuatan unit keluarga bersatu. Penyakit apa pun dapat menyatukan keluarga,” paparnya.

Pangeran Harry mengunjungi ayahnya di London, dalam perjalanan yang hanya berlangsung satu malam, setelah berita Raja Charles sakit kanker dipublikasikan.

Namun istrinya, Duchess of Sussex: Meghan Markle dan kedua anak mereka: Pangeran Archie dan Putri Lilibet tidak ikut mengunjungi Raja Charles.

Baca juga : Pakar Tegaskan, Pencalonan Gibran sebagai Cawapres Sah Secara Hukum

Hanya saja, dalam kunjungan satu malam itu, Pangeran Harry sama sekali tidak menemui saudara semata wayangnya, Dukes of Wales, Pangeran William.

Pangeran Harry menghabiskan sekitar 45 menit di Clarence House, untuk menemui Raja Charles.

Tahun 2020, Pangeran Harry dan Meghan pindah ke AS, setelah mengundurkan diri dari pekerja bangsawan.

Dengan hangat, Pangeran Harry bercerita tentang kehidupannya di California, tempat dia tinggal bersama istrinya. Selera humor Pangeran Archie dan Putri Lilibet, disebut menjadi alasan keluarga mereka tetap membumi.

Pangeran Harry mengaku bahagia menjalani hari-harinya tinggal di Amerika. Namun, Pangeran Harry tampak ragu ketika ditanya, apakah dia merasa sebagai orang Amerika. Yang jelas, dia sudah mempertimbangkan untuk memiliki kewarganegaraan Amerika.

“Kewarganegaraan Amerika adalah pemikiran yang terlintas di benak saya, tapi itu bukan prioritas utama saat ini,” katanya.

Baca juga : Jadi Sorotan!! Jauh-Jauh Dari Amerika, Harry Cuma 45 Menit Ketemu Raja Charles

Raja Charles kini telah menghentikan semua tugas publik. Dia fokus menjalani perawatan. Para bangsawan senior – termasuk Ratu Camilla dan Pangeran Wales – mengambil alih tugasnya untuk beberapa acara.

Istana Buckingham telah mengonfirmasi, Pangeran Wales akan menghadiri Penghargaan Film Bafta di London, Minggu (18/2/2023).

Bagi Pangeran William, yang merupakan Presiden Bafta, ini akan menjadi momen kedua pertemuan kerajaan, sejak Raja didiagnosis menderita kanker dan istrinya: Princess of Wales, Kate Middleton menjalani operasi perut pada 16 Januari lalu.

Sejak Kate Middleton pulang dari rumah sakit, Pangeran William kembali ke Adelaide Cottage, Windsor, tempat dia tinggal bersama istri dan ketiga anaknya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.