Dark/Light Mode

Dijemput Mercy Viano, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bebas Hari Ini

Minggu, 18 Februari 2024 07:52 WIB
Mantan PM Thailand Shinawatra berada dalam Mercy Viano, meninggalkan Police General Hospital, Bangkok, tempatnya dipenjara selama enam bulan ini. (Foto: Instagram)
Mantan PM Thailand Shinawatra berada dalam Mercy Viano, meninggalkan Police General Hospital, Bangkok, tempatnya dipenjara selama enam bulan ini. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra (74) dilaporkan telah meninggalkan Police General Hospital, Bangkok, tempatnya ditahan selama enam bulan terakhir, Minggu (18/2/2024).

Reuters melaporkan, Thaksin yang berada dalam Mercedes-Benz Viano, mengenakan kemeja kotak-kotak bernuansa hijau dan masker bedah hijau, serta penyangga leher. Miliarder Thailand itu duduk di samping putri bungsunya yang juga Ketua Partai Pheu Thai, Paetongtarn Shinawatra.

Baca juga : Besok, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bebas Dari Penjara

Sebelumnya, pada Sabtu (17/2/2024), PM Srettha Thavisin mengatakan, Thaksin akan bebas dari penjara pada Minggu 18 Februari 2024.

Untuk memastikan Thaksin sudah bebas secara resmi, Reuters telah mengontak pengacara Thaksin. Namun, belum mendapat jawaban.

Baca juga : Diajak Ngopi Oleh Gibran, 01 Dan 03 Bilang Tidak Sekarang

Ini adalah pertama kalinya Thaksin menghirup udara bebas di tanah Thailand, sejak melarikan diri dari negara itu hampir 16 tahun lalu setelah kudeta.

Thaksin, PM Thailand paling terkenal dan paling mencuatkan polarisasi, banyak mewarnai politik di Negeri Gajah Putih dalam dua dekade belakangan ini. Meski dia mengasingkan diri selama 15 tahun, demi menghindari hukuman penjara karena penyalahgunaan kekuasaan dan konflik kepentingan.

Thaksin kembali secara dramatis dari pengasingan pada Agustus 2023. Setelahnya, dia menjalani hukuman delapan tahun penjara.

Baca juga : Ini Tips Kesehatan Prof Tjandra, Tetap Fit Liburan Saat Musim Hujan

Baru semalam merasakan dinginnya sel penjara, Thaksin dipindahkan ke rumah sakit karena masalah kesehatan. Dia mendekam di sana selama enam bulan terakhir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.