Dark/Light Mode

Pemilu Indonesia Sukses, Iran Optimis Hubungan Solid Dengan RI Terus Berlanjut

Selasa, 20 Februari 2024 10:17 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran Naser Kanani (Foto: Kemenlu Iran)
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran Naser Kanani (Foto: Kemenlu Iran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Islam Iran Naser Kanani mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak di Indonesia, pada 14 Februari 2024. Serta tingginya tingkat antusiasme pemilih dalam Pilpres.

"Sebagai negara yang menghormati suara masyarakat Indonesia, Iran meyakini, hubungan kuat kedua negara yang didasari oleh persahabatan bersejarah dan kepentingan bersama akan terus berlanjut dengan kuat di era kepemimpinan baru," ujar Naser Kanani dalam pertemuannya dengan wartawan di Iran, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis Kedutaan Besar (Kedubes) Iran untuk Indonesia, Selasa (20/2/2024).

Baca juga : Akusara Sukseskan Wardah Ever Glasting World 2024 Dengan Sensory Marketing

Untuk diketahui, Pemilu 2024 di Indonesia diikuti tiga pasangan calon (paslon): Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Berdasarkan hasil hitung resmi (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Selasa (20/2/2024), dengan progress 72,16 persen atau mencapai 594.061 dari 823.236 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Prabowo-Gibran unggul dengan angka 58,62 persen atau meraih 57.085.817 suara.

Baca juga : Pemilu Indonesia Sukses, PM Singapura Ucapkan Selamat Kepada Jokowi Dan Prabowo

Jauh meninggalkan Anies-Muhaimin yang mendulang angka 24,26 persen atau 23.623.901 suara, dan Ganjar-Mahfud yang mengumpulkan angka 17,12 persen atau 16.667.381 suara.

Melalui laman resmi Info Publik Pemilu 2024, KPU menyampaikan dua disclaimer terkait penghitungan suara ini. Pertama, publikasi Form Model C/D Hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan untuk memudahkan akses informasi publik.

Baca juga : Arab Saudi Ogah Buka Hubungan Dengan Israel

Kedua, Penghitungan suara yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.