Dark/Light Mode

Perkuat Kerja Sama Bisnis, Kadin Indonesia Dan Portugal Teken MoU

Rabu, 28 Februari 2024 22:48 WIB
Duta Besar RI untuk Portugal, Rudy Alfonso. (Foto: Ist)
Duta Besar RI untuk Portugal, Rudy Alfonso. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kadin Indonesia melakukan penandatangan MoU dengan Câmara de Comércio e Indústria Portuguesa (Kadin Portugal) disela-sela pelaksanaan misi bisnis Kadin ke Portugal pada 26-28 Februari 2024. 

Penandatanganan dilakukan oleh Tony Wenas, Wakil Ketua Bidang Investasi Kadin Indonesia, dengan Sekretaris Jenderal Kadin Portugal, João Pedro Guimarães.

Baca juga : Di IIMS 2024, PLN Teken Kerja Sama Home Charging Service Dengan BYD Motor

Kedua belah pihak sepakat bahwa MoU tersebut menjadi langkah awal dalam rangka usaha dan kerja sama yang saling membawa manfaat dengan memberdayakan potensi, keahlian, fasilitas yang dimiliki masing-masing institusi.

Di samping itu, dalam memanfaatkan momentum misi bisnis, KBRI Lisabon bekerja sama dengan Kadin Komite Bilateral Spanyol dan Portugal sukses selenggarakan forum bisnis dengan tema “Indonesia-Portugal Business Forum: Exploring Potential Partnerships” pada 27 Februari 2024. Forum bisnis diharapkan menjadi katalisator bagi upaya kedua pihak dalam memperkuat kerja sama ekonomi.

Baca juga : Resmikan HRS Pertama di Indonesia, PLN Banjir Apresiasi

Dalam forum tersebut, Duta Besar RI untuk Portugal, Rudy Alfonso mengajak, para pengusaha Portugal untuk dapat berkunjung pada pameran dagang tahunan Trade Expo Indonesia 2024 guna melihat secara langsung produk unggulan Indonesia, prospek investasi dan pariwisata, serta potensi di sektor lainnya. Ia juga menyoroti hubungan perdagangan Indonesia-Portugal yang dinamis sehingga perlu adanya upaya inklusif dan berkelanjutan untuk lebih meningkatkan perdagangan kedua negara.

Forum bisnis dihadiri lebih dari 40 pengusaha dari wilayah Lisabon dan sekitarnya, serta beberapa kota lainnya seperti Fátima, Aveiro, dan Porto. KBRI Lisabon telah mengidentifikasi lima sektor potensial yang dapat mendorong kerja sama Indonesia-Portugal yakni energi terbarukan, pertahanan, teknologi informasi, agribisnis, dan farmasi.

Baca juga : Menkes Sampaikan Kunci Indonesia Jadi Negara Maju Ke Penerima Beasiswa LPDP

Portugal merupakan salah satu negara mitra penting di benua Eropa. Tidak hanya lokasinya yang strategis, sebagai hub benua Eropa, Afrika, dan Amerika Latin, Portugal juga tergabung dalam komunitas negara berbahasa Portugis (Community of Portuguese Language Countries/CPLP) dengan total potensi pasar mencapai 280 juta jiwa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.