Dark/Light Mode

Atlet India Telan Koin Dan Magnet

Jumat, 1 Maret 2024 06:35 WIB
Foto koin logam dan magnet yang dikeluarkan dokter dari perut atlet angkat besi di India. Foto: NEW YORK POST
Foto koin logam dan magnet yang dikeluarkan dokter dari perut atlet angkat besi di India. Foto: NEW YORK POST

RM.id  Rakyat Merdeka - Karena percaya mitos, seorang atlet angkat besi di India berusia 26 tahun nekat menelan 39 koin dan 37 magnet. Menurutnya, logam tersebut dapat mem­bantu membentuk otot tubuhnya. Namun hal ini malah membuatnya masuk rumah sakit.

Operasi besar dilakukan di Rumah Sakit Sir Ganga Ram, di New Delhi, India. Dokter harus mengeluar­kan puluhan logam dari usus pria yang tidak dise­butkan namanya itu.

Baca juga : Bamsoet Dukung Gelaran Konser Ed Sheeran dan Tom Jones di Jakarta

Dilansir New York Post, hasil rontgen yang diambil sebelum operasi menun­jukkan, ada gumpalan lo­gam besar di usus pria tersebut. Ternyata, sang atlet telah menelan logam selama beberapa minggu.

Ketika tiba di IGD, atlet tersebut muntah-muntah dan mengeluh merasakan sakit perut selama lebih dari 20 hari. Koin dan magnet telah menyebab­kan penyumbatan usus di tubuhnya.

Baca juga : Olla Ramlan, Mesra Dengan Junot

Para ahli bedah mencatat bahwa magnet dan koin telah menyatu di usus ke­cil sehingga usus tertutup. Kondisi ini juga menye­babkan erosi di sepanjang dinding usus.

Untungnya, para dokter mampu membuka usus sang atlet dan mengeluar­kan semua benda tersebut. Sebuah foto pascaoperasi menunjukkan, banyaknya koin dan logam yang harus dikeluarkan dokter. Be­berapa magnet yang dike­luarkan dari tubuh pria itu berbentuk seperti hati, bola, peluru, segitiga, dan bin­tang. Pasien menghabiskan tujuh hari di rumah sakit untuk memulihkan diri.

Baca juga : Athletic Bilbao Vs Girona, Kemenangan Harga Mati

Menurut ahli, mengkon­sumsi logam dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan zinc. Kondisi ini menyebabkan sakit perut, diare, dan muntah pada penderita. Dalam kasus yang parah, bisa mengaki­batkan kematian. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Jumat, 01 Maret 2024 dengan judul "Atlet India Telan Koin Dan Magnet"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.