Dark/Light Mode

Lagi, Raja Thailand Depak Staf Kerajaan

Rabu, 30 Oktober 2019 13:05 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. (Foto: AP)
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. (Foto: AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn kembali mendepak empat staf kerajaannya. Lewat dua pengumuman terpisah, Kantor Urusan Rumah Tangga Kerajaan Thailand mengumumkan pemecatan empat staf karena melakukan tindakan jahat.

Nampaknya Raja Maha tengah melakukan bersih-bersih di jajaran staf dan orang dalam kerajaan.

Pekan lalu, Raja Maha mencabut seluruh gelar bagi selir resminya, Sineenat Wongvajirapakdi. Setelah itu, dia juga memecat enam staf kerajaan atas tindakan mereka yang dinilai sangat keji.

Baca juga : SYL Rangkul Para Senior dan Mantan Mentan

Enam staf istana tersebut termasuk seorang perempuan, pejabat polisi senior, dan dua pengawal istana. Semuanya pernah bekerja di Istana.

Pekan ini, pihak kerajaan mendepak dua pejabat Kerajaan Thailand, yang diidentifikasi sebagai penjaga kamar karena 'pelanggaran yang sangat jahat' dan 'perzinaan'. Pelanggaran yang dilakukan kedua pejabat kerajaan ini disebut melanggar kode etik untuk orang dalam istana.

"Raja telah memerintahkan pemecatan mereka dari tugas-tugas kerajaan karena perilaku mereka yang tidak benar dan dianggap sangat keji." kata pengumuman pihak Istana dikutip AP.

Baca juga : JK Disambut Seperti Pahlawan

Satu pengumuman lainnya menyebut dua pejabat militer dipecat karena kelalaian dalam tugas mereka sebagai penjaga istana dan berperilaku tidak pantas dengan pangkat dan gelar mereka.

Menurut pengumuman-pengumuman tersebut, empat pejabat Kerajaan Thailand itu dilucuti dari pangkat dan gelar mereka masing-masing.

Sejak naik takhta menggantikan mendiang ayahnya pada 2016, Raja Maha membuktikan diri sebagai raja yang tegas. Dia mengambil lebih banyak kendali langsung atas urusan-urusan kerajaan dan kekayaan takhta yang besar. Dia juga memindahkan dua unit militer dari korps militer ke kendali personalnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.