Dark/Light Mode

Akira Toriyama, Kreator Dragon Ball Meninggal Dalam Usia 68

Jumat, 8 Maret 2024 17:37 WIB
Akira Toriyama, seniman manga asal Jepang meninggal dalam usia 68 tahun. (Foto: Instagram @akira.toriyama)
Akira Toriyama, seniman manga asal Jepang meninggal dalam usia 68 tahun. (Foto: Instagram @akira.toriyama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akira Toriyama, seniman manga Jepang yang menciptakan serial Dragon Ball yang sangat populer ternyata telah meninggal dunia dalam usia 68 tahun, akibat penyakit hematoma subdural akut pada 1 Maret 2024.

Penyakit ini mengacu pada perkembangan gumpalan darah secara tiba-tiba pada permukaan otak, akibat cedera kepala.

Kabar duka ini disampaikan Bird Studio, Capsule Corporation Tokyo, dalam surat yang diposting di akun Instagram resmi Toriyama, Jumat (8/3/2024).

Baca juga : Rice Cooker Pintar Toshiba Yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Dalam Nasi Siap Dipasarkan

"Berita sedih ini kami sampaikan, dengan mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan yang telah Anda berikan, semasa Toriyama hidup," demikian kutipan surat tersebut.

Pemakaman Toriyama hanya akan dihadiri pihak keluarga, dan kerabat yang sangat terbatas.

"Dengan hormat, kami memberitahu Anda bahwa kami tidak akan menerima bunga, hadiah, kunjungan, persembahan dan lainnya. Kami juga meminta Anda tidak mewawancarai pihak keluarga. Kami sangat berterima kasih atas pengertian dan dukungan Anda," imbuh surat tersebut.

Baca juga : Innalillahi, Sesepuh Jawa Barat Solihin GP Meninggal Dalam Usia 97

Sementara rencana lanjutan setelah pemakaman, akan diinformasikan kemudian. 

Surat tersebut juga menyampaikan duka mendalam Bird Studio, karena Toriyama masih memiliki beberapa karya di tengah proses kreatif yang sangat antusias.

Sejatinya, Toriyama masih memiliki lebih banyak hal untuk dicapai. Dia telah meninggalkan banyak judul manga dan karya seni ke dunia ini.

Baca juga : Kenneth Mitchell, Bintang Star Trek Dan Captain Marvel Meninggal Dalam Usia 49

"Berkat dukungan dari begitu banyak orang di seluruh dunia, Toriyama dapat melanjutkan kegiatan kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap dunia ciptaan unik Akira Toriyama bisa terus dicintai oleh semua orang, untuk jangka waktu yang lama," pungkas surat tersebut.

Toriyama yang lahir pada tanggal 5 April 1955 di Kota Kiyosu, prefektur Aichi, mulai menggambar manga pada usia 23 tahun. Dia memulai debutnya sebagai kartunis, dengan mengirimkan cerita pendek ke majalah penggemar manga Weekly Shonen Jump, pada tahun 1978.

Serial Dragon Ball miliknya kemudian ditampilkan di majalah yang sama pada tahun 1984, dan menjadi karya terdepan dalam karier kreatifnya selama lebih dari empat dekade.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.