Dark/Light Mode

Ditonton Puluhan Juta Warga AS

Biden Gembosi Trump Via Pidato Kenegaraan

Sabtu, 9 Maret 2024 06:20 WIB
Presiden Joe Biden menyampaikan pidato kenegaraan, 7 Maret 2024, di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: ANDREW HARNIK/AP
Presiden Joe Biden menyampaikan pidato kenegaraan, 7 Maret 2024, di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: ANDREW HARNIK/AP

 Sebelumnya 
Biden menuding Trump tunduk terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. Berbeda dengan dirinya dan Partai Demokrat yang tidak akan pernah tunduk terhadap Putin.

Biden selanjutnya merujuk pada pemberontakan 6 Januari 2021 di Capitol Hill, dan menye­but mereka yang mengecilkan peristiwa itu. “Pendahulu saya dan beberapa di antara Anda di sini berusaha mengubur kebenaran tentang 6 Januari. Saya tidak akan melakukannya,” tutur Biden.

“Ini adalah momen untuk mengatakan kebenaran dan mengubur kebohongan. Inilah kebenaran yang sederhana. Anda tidak bisa mencintai negara Anda hanya ketika Anda menang,” tegasnya.

Baca juga : Mantan Dirops PT Timah Ditetapkan Tersangka

Biden memanfaatkan pida­tonya menyampaikan rencana pembangunan pelabuhan semen­tara di Jalur Gaza untuk memper­mudah keluar masuknya bantuan kemanusiaan ke Palestina.

“Pasukan militer AS akan mem­bangun pelabuhan sementara di perairan Mediterania dekat Gaza. Pelabuhan ini untuk memudahkan masuknya bantuan kemanusiaan berupa makanan, air bersih hingga obat-obatan,” ujar Biden dikutip AP, Jumat (8/3/2024).

Rencananya, pelabuhan ini berupa dermaga sementara yang akan menyediakan kapasitas untuk ratusan truk bantuan tam­bahan setiap hari.

Baca juga : Pasca Pencoblosan Pilpres, Politik Mulai Adem Ekonomi Degdegan

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyambut baik ren­cana pembangunan pelabuhan tersebut untuk meningkatkan pengiriman bantuan ke Gaza.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menyebut, cara apa pun yang memungkinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza, melalui laut maupun udara, sama baiknya.

Jelang pidato kenegaraan, Trump menyerang Biden. Dia menuduh Biden menyebabkan kehancuran di AS selama tiga tahun memerintah akibat membanjirinya migran yang melintas dari Meksiko.

Baca juga : Jokowi Senyum, Hadirin Tepuk Tangan

“Sudah waktunya memberi tahu Joe Biden si pembohong, kau dipecat,” cibir Trump. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Sabtu, 09 Maret 2024 dengan judul "Ditonton Puluhan Juta Warga AS Biden Gembosi Trump Via Pidato Kenegaraan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.