Dark/Light Mode

ATOMEXPO XIII-2024 Sochi

Rusia Promosikan Nuklir Sebagai Energi Bersih, Indonesia Diundang Jadi Pembicara

Minggu, 24 Maret 2024 22:45 WIB
Forum Nuklir Internasional ATOMEXPO XIII-2024 diselenggarakan di Sochi, Krasnodar Krai, Rusia, 25-26 Maret 2024. (Foto: Rosatom)
Forum Nuklir Internasional ATOMEXPO XIII-2024 diselenggarakan di Sochi, Krasnodar Krai, Rusia, 25-26 Maret 2024. (Foto: Rosatom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rusia aktif mengkampanyekan nuklir sebagai energi bersih dalam memerangi perubahan iklim, melalui Forum Internasional ATOMEXPO XIII- 2024 yang diselenggarakan di Kota Sochi, Krasnodar Krai, pada 25-26 Maret mendatang.

Wartawan Rakyat Merdeka, Firsty Hestyarini diundang khusus oleh Perusahaan Energi Nuklir Rusia (Rosatom), untuk meliput acara bergengsi ini. Bersama dua media lainnya: Kompas dan ANTARA.

ATOMEXPO XIII-2024 akan menghadirkan sejumlah pejabat pemerintah, perusahaan industri nuklir global, organisasi publik, dan para pakar internasional. Indonesia, dalam hal ini diwakili Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), masuk dalam daftar negara yang diundang.

Baca juga : Indonesia Dan Finlandia Inovasi Energi Bersih, Komit Dukung Net Zero Emission

Nama lain yang dijadwalkan hadir antara lain Wakil Khusus Presiden Rusia untuk Bidang Digital dan Teknologi Dmitry Peskov, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto, Menteri Kesehatan Serbia Danica Grujicic, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Alparslan Bayraktar, dan Menteri Energi Belarus Viktor Karankevich. Serta Direktur Jenderal Rosatom Alexey Likhachev, Direktur Jenderal Institut Energi Atom China CIAE China Hongyi Yang, dan Executive Director of Low Carbon Solutions & International Growth Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), Uni Emirat Arab, Musabbeh Al Kaabi.

Di ATOMEXPO XIII, panelis akan membahas berbagai tantangan baru dalam membangun sistem energi masa depan, optimalisasi berbagai jenis pembangkit listrik rendah karbon, spesifikasi harga untuk sumber energi ramah lingkungan, ketahanan energi dan kemandirian teknologi dalam transisi energi. Serta pengembangan sumber energi terbarukan dan upaya meningkatkan kontribusi bauran energi negara-negara, sebagai bagian dari agenda iklim global.

Sekilas ATOMEXPO

Melansir laman resmi Rosatom, Forum Internasional ATOMEXPO merupakan acara kongres dan pameran utama industri nuklir global, yang diselenggarakan dengan dukungan Rosatom.

Baca juga : Boy Thohir Pastikan, Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tiongkok Terus Berjalan Lancar

ATOMEXPO yang digelar setiap tahun sejak 2009, merupakan platform bisnis dan pameran terbesar, tempat para pimpinan perusahaan industri terkemuka dan pakar terkemuka mengatasi tantangan pengembangan teknologi nuklir, memperkuat kemitraan, dan berbagi praktik terbaik.

Format forum ini mencakup pameran dan program bisnis ekstensif, yang mencakup upaya pengembangan tenaga nuklir sebagai sumber energi ramah lingkungan, manajemen sumber daya manusia, upaya membangun infrastruktur tenaga nuklir, pembiayaan dan investasi di sektor energi, pengembangan teknologi nuklir non-energi dan masih banyak lagi.

Forum ini biasanya juga menampilkan acara-acara seperti penandatanganan perjanjian kerja sama antara perusahaan Rusia dan mitra asing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.