Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Undang Ormas Islam Bukber

Rabu, 27 Maret 2024 06:50 WIB
Dubes Heri Akhmadi (tengah depan) di acara bukber ormas Islam di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, Senin (25/3/2024). (Foto: Dok. KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi (tengah depan) di acara bukber ormas Islam di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, Senin (25/3/2024). (Foto: Dok. KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengadakan acara berbuka bersama (bukber) dengan perwakilan 12 organisasi kemasyarakatan Islam Indonesia yang berada di Negeri Sakura, di kediamannya, Tokyo, Senin (25/3/2024).

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Selasa (26/3/2024), para tamu datang dari Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang, Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang, Pengurus Aisyiah Jepang, Muslimat NU dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jepang.

Kegiatan buka puasa bersama ini diawali dengan tausyiah dari Wakil Rektor Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran (PTIQ), Ustaz Dr. KH Ali Nurdi. Ia memaparkan mengenai ukhkuwah Islamiyah yang tidak terbatas pada persaudaraan sesama umat Muslim. Namun persaudaraan sesama makhluk ciptaan Tuhan, sesama umat manusia dan persaudaraan antar bangsa.

Baca juga : Hari Ini KPU Umumkan Pemenang Pilpres, TKN Fanta Gelar Bukber

Dubes Heri yakin bahwa silaturahmi yang dijalin ini khususnya di bulan Ramadan melalui buka puasa bersama, akan semakin mempererat persatuan sesama anak bangsa dalam keberagaman.

“Saya sengaja mengundang temanteman semua untuk bersilaturahmi,” ujar sang tuan rumah. Dubes Heri menambahkan, penting bagi organisasi kemasyarakatan Indonesia di Jepang untuk saling membantu satu sama lain dan memperkuat komunikasi.

KBRI Tokyo tentunya memiliki keterbatasan dalam menjangkau WNI di seluruh Jepang. Sinergi seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan menjadi penting,” sambungnya.

Baca juga : Dubes RI Achmad Ubaedillah Melepas Ekspor Produk Nusantara Ke Bumi Bertuah

Dia berharap, dengan semakin meningkatnya jumlah WNI di Jepang, rekanrekan dari organisasi masyarakat Islam dapat menjadi bagian penting dalam pembinaan masyarakat Indonesia di Jepang.

“Sekaligus bersama menjaga keragaman Indonesia yang kaya,” pungkas Dubes Heri.

Menurut data KBRI Tokyo, per Juni 2023, jumlah WNI yang tinggal di Jepang mencapai 122.028 orang, dengan konsentrasi tertinggi di wilayah Aichi mencapai 10.101 orang. Sedangkan WNI di Tokyo mencapai 8.617 orang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.