Dark/Light Mode

Dubes Australia Untuk Indonesia Penny Williams Happy, Akhirnya Berkunjung Ke Papua

Jumat, 1 Maret 2024 06:32 WIB
Dubes Penny Williams (kanan) bersama Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw di Jayapura, Senin (26/2/2024). (Foto: Kedudes Australia)
Dubes Penny Williams (kanan) bersama Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw di Jayapura, Senin (26/2/2024). (Foto: Kedudes Australia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, pada 26-27 Februari 2024.

Selama di Jayapura, Williams juga ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Jayapura, untuk melihat langsung bagaimana Australia dan Indonesia bekerja sama demi perencanaan pembangunan yang lebih baik di Papua.

“Saya sangat senang dapat berkunjung ke Jayapura dan melihat secara langsung kerja sama antara Provinsi Papua dan Australia,” ujarnya dikutip keterangan tertulisnya, Rabu (28/2/2024).

Baca juga : Dubes Kanada Untuk Indonesia Jess Dutton Makan Malam Bareng Panglima TNI

Salah satu kegiatan penting kunjungannya ke Jayapura adalah silaturahmi dengan para tokoh pemimpin perempuan alumni Australia di Papua. Dalam kunjungannya, Dubes Williams bertemu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Jhony Banua Rouw, Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dan Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri.

Williams juga bertemu Rektor Universitas Cenderawasih, Oscar Oswald O. Wambrauw dan staf khusus Presiden Joko Widodo Bidang Inovasi dan Pendidikan, Billy Mambrasar. Billy, atas nama Presiden Joko Widodo, menyampaikan terima kasih atas perhatian khusus Australia, khususnya kepada Papua.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kerja sama Australia dan Indonesia di bidang pendidikan dan pembangunan manusia melalui proyekproyek yang sedang berjalan, seperti Inovasi, Prisma, dan Skala. Dengan mempertimbangkan hubungan simbiosis antara pendidikan dan kemajuan, Billy dan Dubes Williams menjajaki peluang kolaborasi untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di negara masing-masing.

Baca juga : Dubes Ukraina Untuk Indonesia Vasyl Hamianin Peringati 2 Tahun Perang Sambil Nobar

Williams pun mengapresiasi kemajuan pembangunan di Papua. Dia mengatakan, Pemerintah Australia akan mendukung berbagai bentuk kerja sama yang mendorong kemajuan Indonesia, terutama dari timur Papua.

“Ini kunjungan resmi pertama saya ke Papua dan saya sangat senang bisa berada di sini. Sangat menarik melihat per kembangan Papua sebagai hasil kolaborasi berkelanjutan antara Pemerintah Indonesia dan Australia,” ujarnya.

Dia juga menekankan komitmen Negari Kanguru itu untuk memperkuat kemitraannya dengan Indonesia di sektor pembangunan, khususnya di bidang energi, lingkungan hidup, dan pembangunan manusia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.