Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Portugal Rudy Alfonso Undang Pebisnis Negara Navigator Hadiri TEI 2024

Sabtu, 2 Maret 2024 06:00 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso dalam forum bisnis di Lisabon, Portugal, 27 Februari 2024. (Foto: KBRI Lisabon)
Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso dalam forum bisnis di Lisabon, Portugal, 27 Februari 2024. (Foto: KBRI Lisabon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, berupaya menggenjot kerja sama perdagangan dengan Portugal. Salah satu caranya, dengan mengajak para pengusaha dari negara berjulukan Os Navegadores (Para Navigator) itu untuk menghadiri pameran dagang tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

Undangan itu ia sampaikan ketika misi bisnis Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berkunjung ke Portugal pada 26-28 Februari 2024.

“Kami mengajak para pengusaha Portugal untuk melihat secara langsung produk unggulan Indonesia, prospek investasi dan pariwisata, serta potensi di sektor lainnya,” kata Rudy dalam keterangan tulisnya, Kamis (29/2/2024).

Baca juga : Dubes RI untuk Turki Rizal Purnama Dampingi Dubes Negara Sahabat Tinjau Tempat Nyoblos

TEI merupakan pameran dagang tahunan untuk meningkatkan pertumbuhan produk dan memper luas pasar ekspor. TEI 2024 akan diselenggarakan pada Oktober 2024 di Tangerang, Banten.

Dubes Rudy juga menyoroti hubungan perdagangan Indonesia-Portugal yang dinamis. Sehingga, menurutnya, perlu ada upaya inklusif dan berkelanjutan untuk meningkatkannya.

“Portugal merupakan salah satu negara mitra penting di benua Eropa. Tidak hanya lokasinya yang strategis, sebagai hub benua Eropa, Afrika, dan Amerika Latin, Portugal tergabung dalam komunitas negara berbahasa Portugis dengan total potensi pasar mencapai 280 juta jiwa,” terangnya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Tanam Sakura Bersama Putri Takamado

Lebih lanjut Rudy mengatakan, misi Kadin datang ke Portugal untuk menghadiri forum bisnis dengan tema Indonesia-Portugal Business Forum: Exploring Potential Partnerships, 27 Februari 2024.

Forum bisnis itu dihadiri lebih dari 40 pengusaha dari wilayah Lisabon serta beberapa kota lainnya seperti Fatima, Aveiro dan Porto. KBRI Lisabon telah mengidentifikasi lima sektor potensial yang dapat mendorong kerja sama Indonesia-Portugal, yakni energi terbarukan, per tahanan, teknologi informasi, agribisnis dan farmasi.

Pada kesempatan itu, Kadin Indonesia juga melakukan penandatanganan nota kesepaha man dengan Kadin Portugal. Penandatanganan dilakukan Wakil Ketua Bidang Investasi Kadin Indonesia Tony Wenas dengan Sekretaris Jenderal Kadin Portugal, Joao Pedro Guimaraes.

Baca juga : Dubes RI Untuk Spanyol Muhammad Najib: Antangin dan Kopi Curi Perhatian FITUR 2024

Rudy berharap, nota kesepahaman tersebut menjadi langkah awal upaya kedua pihak dalam memperkuat kerja sama ekonomi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.