Dark/Light Mode

Kunjungi India, Kemenko Marves Belajar Siapkan Makan Siang Gratis Di Sekolah

Minggu, 7 April 2024 15:15 WIB
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenko Marves Firman Hidayat (kanan). (Foto: Kedubes India untuk Indonesia)
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenko Marves Firman Hidayat (kanan). (Foto: Kedubes India untuk Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Firman Hidayat memimpin delegasi tingkat tinggi dalam kunjungan ke India pada tanggal 1-5 April 2024. Dalam kunjungan tersebut, Firman mengadakan pertemuan ekstensif dengan para pejabat pemerintah, akademisi, peneliti dan pengusaha di beberapa kota seperti New Delhi, Bangalore, Tuticorin, dan Chennai. Salah satu pertemuan itu yaitu membahas bagaimana India menyiapkan makan siang gratis untuk siswa sekolah. 

Kedutaan Besar India untuk Indonesia menyebut, kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk membina kerjasama di bidang bioteknologi,  inklusi digital, pertanian. Kunjungan juga untuk mempelajari program makan siang sekolah gratis terbesar di dunia dengan tujuan melaksanakan program serupa untuk menyediakan makanan berkualitas kepada siswa sekolah di Indonesia.

Baca juga : BSI Maslahat dan BSI Sediakan 2 Mesin Air Minum Gratis Bagi Pemudik

Kunjungan diawali dengan pertemuan dengan Rajesh Gokhale, Sekretaris Departemen Bioteknologi, dilanjutkan dengan kunjungan ke Institut Nasional Penelitian Genom Tanaman (NIPGR). Diskusi dipusatkan pada penelitian bioteknologi, pengembangan, dan ekosistem inovasi di India. 

Di Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi, New Delhi, diskusi difokuskan pada Infrastruktur Publik Digital, peta jalan India dan praktik terbaik termasuk inisiatif trinitas Jan Dhan Aadhar Mobile (JAM) India untuk inklusi dan aksesibilitas keuangan. "Karena inklusi dan konektivitas digital merupakan salah satu prioritas domestik utama pemerintah Indonesia, diskusi-diskusi tersebut terbukti relevan," tulis Kedutaan Besar India untuk Indonesia, dikutip Minggu (7/4/2024). 

Baca juga : Asuransi Sinar Mas Bagikan Paket Sembako dan Wakafkan Al Quran Di Aceh

Selain itu, Firman dan delegasi mempelajari “Midday Meal Scheme/Skema Makan Siang” di India. Baru-baru ini, Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dalam pertemuannya dengan Dubes India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah. 

Interaksi di Kementerian Pendidikan mengenai Skema Makan Siang dan implementasinya termasuk faktor-faktor seperti logistik, nilai gizi, tantangan, peran pemerintah pusat dan negara bagian.

Baca juga : Jalankan Makan Siang Gratis, Gibran Berguru Ke India

"Deputi Firman memuji program ini dan menyatakan minatnya untuk menerapkannya," tulis Kedubes India untuk Indonesia.  

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke fasilitas dapur Akshaya Patra di Bangalore. Akshaya Patra adalah organisasi nirlaba yang merupakan mitra terbesar Pemerintah India dalam menjalankan Skema Makan Siang di India. Deputi Firman mengamati, Delegasi Indonesia mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan dari tur tersebut dan berharap adanya fasilitas serupa di Indonesia dapat mensukseskan rencana makan siang di dalam negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.