Dark/Light Mode

Rayakan 50 Tahun Kemitraan Dengan ASEAN, Australia Gelontorkan Rp 5,2 Triliun

Selasa, 16 April 2024 13:48 WIB
Rayakan 50 Tahun Kemitraan Dengan ASEAN, Australia Gelontorkan Rp 5,2 Triliun

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, 16 April 2024, Australia dan ASEAN merayakan 50 tahun kemitraan. Yakni merupakan peringatan 50 tahun sejak pertemuan pertama antara Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan para pejabat Australia, pada 16 April 1974 di Canberra, Australia.

Pada tahun yang sama, Australia menjadi Mitra Dialog resmi pertama ASEAN, yang sekaligus menandai dimulainya kemitraan dan kerja sama yang erat antara ASEAN dan Australia.

Baca juga : Netanyahu: Kemenangan Israel Di Gaza Tinggal Selangkah Lagi

Untuk merayakan tonggak sejarah Peringatan Emas ini, pada Maret 2024, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese menjadi tuan rumah bagi para pemimpin ASEAN dan Timor-Leste di Melbourne untuk menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia.

Pada KTT tersebut, Australia mengumumkan pendanaan lebih dari 500 juta dolar Australia atau sekitar Rp 5,2 triliun dalam rangka mendukung berbagai inisiatif baru untuk mendukung prioritas bersama dan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dalam Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia.

Baca juga : Romelu Lukaku Ditawar Klub Arab Saudi, Chelsea Patok Rp 1,2 Triliun

Setelah KTT berlangsung, kedua Pemimpin mengeluarkan Pernyataan Visi Pemimpin, yang menetapkan visi strategis untuk 50 tahun ke depan, dan Deklarasi Pemimpin Bersama, yang disebut Deklarasi Melbourne.

“Kita memiliki banyak sekali pencapaian yang dapat kita banggakan dalam 50 tahun terakhir kemitraan antara ASEAN dan Australia,” kata Duta Besar Australia untuk ASEAN Tiffany McDonald.

Baca juga : Rayakan Lebaran di DatascripMall.ID dengan Pesta Lebaran Sale 2024

"KTT Khusus ini telah memposisikan hubungan ASEAN-Australia sebagai kemitraan untuk masa depan. Sepanjang tahun peringatan ini, saya berharap dapat merayakan kerja sama kita dan semua yang akan kita capai bersama dalam 50 tahun ke depan dan seterusnya," tambah Dubes McDonald.

Serangkaian kegiatan akan diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan 50 tahun di Jakarta dan kawasan ASEAN, termasuk keterlibatan generasi muda, kolaborasi seni, dan masih banyak lagi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.