Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Portugal Rudy Alfonso Gelar Halal Bihalal, Sajikan Rendang & Bakso

Rabu, 17 April 2024 06:39 WIB
Dubes Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso (kanan) menggelar halal bihalal dengan diaspora Indonesia dalam merayakan Idul Fitri 1445 H, di KBRI Lisabon, Sabtu (13/4/2024). (Foto: medi Lisbon, Portugal, Rabu (10/4/2024). (Foto: Dok. KBRI Lisabon)
Dubes Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso (kanan) menggelar halal bihalal dengan diaspora Indonesia dalam merayakan Idul Fitri 1445 H, di KBRI Lisabon, Sabtu (13/4/2024). (Foto: medi Lisbon, Portugal, Rabu (10/4/2024). (Foto: Dok. KBRI Lisabon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 170 tamu menghadiri halal bihalal di kediaman Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso, di Lisbon, Portugal, Rabu (10/4/2024). Kegiatan halal bihalal digelar saat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Para tamu adalah para diaspora Indonesia yang tinggal di Portugal. Beberapa di antara mereka tinggal di Porto, Coimbra, Braga, Algarve, Ericeira, Figueira da Foz dan lainnya.

“Selain merayakan hari kemenangan, hari ini menjadi momentum penting untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik dan mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat Indonesia di Portugal,” ujar Dubes Rudy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Golkar, Airlangga: Silaturahmi Tetap Terbuka

Dubes Rudy mengapresiasi semangat kebersamaan di antara komunitas Indonesia di Portugal. Dia menekankan pentingnya mempertahankan tradisi leluhur, seperti sungkeman (saling maaf memaafkan) sebagai bagian dari budaya yang harus dilestarikan.

Kegiatan halal bihalal ini juga menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya dan kearifan lokal Indonesia kepada Indonesianis maupun pasangan dari diaspora Indonesia di Portugal.

“Melalui pertukaran budaya seperti ini, diharapkan dapat tercipta pemahaman yang lebih dalam antara kedua bangsa dan memperkuat hubungan bilateral di berbagai bidang,” sambung Rudy.

Baca juga : Dubes RI Untuk Tunisia Zuhairi Misrawi Gelar Malam Nuzulul Quran Bareng WNI

Untuk menambah hangat suasana kumpul bersama, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon menyuguhkan berbagai kuliner Indonesia.

Seperti lontong sayur godog, opor ayam, sate ayam, rendang, bakso, sambal goreng kentang, es cendol, aneka gorengan dan jajanan pasar lainnya yang menggugah selera.

Di sela-sela kegiatan, tampak masyarakat Indonesia antusias berpose di photo booth berbentuk Instagram yang telah disediakan oleh KBRI Lisabon. Foto tersebut mereka upload dan mention ke akun Instagram KBRI Lisabon, @indonesiainlisbon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.