Dark/Light Mode

Dubes RI untuk Turki Rizal Purnama Dampingi Dubes Negara Sahabat Tinjau Tempat Nyoblos

Selasa, 13 Februari 2024 06:57 WIB
Dubes RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama (kiri) bersama Ketua PPLN Ankara Adi Sutrisno (tengah) dan Dubes Australia untuk Turki, Miles Armitage, di TPSLN Ankara, Minggu (11/2/2024). (Foto: Dok. PPLN/Angkara)
Dubes RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama (kiri) bersama Ketua PPLN Ankara Adi Sutrisno (tengah) dan Dubes Australia untuk Turki, Miles Armitage, di TPSLN Ankara, Minggu (11/2/2024). (Foto: Dok. PPLN/Angkara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, Achmad Rizal Purnama mendampingi kehadiran dua Dubes negara sahabat, yang antusias meninjau pelaksanaan Pemilu Indonesia di Turki.

Dubes Australia untuk Turki, Miles Armitage dan Dubes Meksiko untuk Turki, Jose Luis Martinez Hernandez meninjau Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), yang berlokasi di Wisma Duta RI Ankara, Minggu (11/2/2024).

Dubes Rizal didampingi istri menggunakan hak pilih untuk menentukan masa depan Indo nesia lima tahun ke depan di TPSLN Ankara.

“Pelaksanaan pemilu merupakan showcase kematangan demokrasi Indonesia, sekaligus mempromosikan demokrasi Indonesia,” kata Dubes Rizal dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

Baca juga : Dubes RI Untuk China Djauhari Oratmangun Dampingi Dirjen Rapat Di Xiamen

Dubes Australia Miles Armitage bahkan antusias menyaksikan pemungutan suara, sejak TPSLN Ankara dibuka pada pagi hari waktu setempat.

“Proses pemilu Indonesia di Turki diselenggarakan dengan teratur serta mencerminkan semangat pesta demokrasi. Transparansi dari proses pemilihan ini sangat luar biasa,” katanya.

Sementara Dubes Meksiko mengatakan, Pemilu Indonesia di Turki dapat menjadi contoh baik untuk Pemilu Meksiko yang akan diselenggarakan pada Juni 2024.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pemilu Luar Negeri (PPLN) Ankara, Adi Sutrisno mengatakan, suasana di TPSLN Ankara cukup meriah. Berbagai kegiatan masyarakat, seperti bazar kuliner Indonesia, permainan kartu domino, pingpong dan bilyar turut diselenggarakan, untuk meramaikan suasana Pemilu.

Baca juga : Dubes RI Untuk Turki Achmad Rizal Purnama Hadiri Deklarasi Pemilu Damai

Bahkan, PPLN bekerja sama dengan KBRI Ankara menye diakan pojok karaoke dan nobar film Indonesia di TPSLN Ankara.

“Kami bekerja sama dengan Perwakilan RI di Turki untuk membuat suasana pencoblosan berlangsung dengan rileks, tidak tegang namun tetap meriah,” terang Adi.

Dia menambahkan, terdapat 602 WNI yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di TPSLN Ankara. Kebanyakan merupakan pelajar yang sedang studi di sejumlah universitas ternama di Ankara seperti Middle East Technical University, Ankara University, Bilkent University dan universitas lainnya.

Adi mengatakan, selain TPLSN Ankara, pencoblosan juga dilakukan di hari yang sama di TPSLN Sakarya, sekitar 350 km dari Ankara. TPSLN ini merupakan salah satu kantong masyarakat Indonesia di Turki, dengan jumlah DPT sebesar 678 orang.

Baca juga : Dubes RI Untuk Spanyol Muhammad Najib: Antangin dan Kopi Curi Perhatian FITUR 2024

“Tingkat partisipasi Pemilih di TPSLN Ankara mencapai 65,2 persen dan TPSLN Sakarya sebesar 92,33 persen,” ujarnya.

Pemilu di Turki dimulai pada 6 Februari 2024. Pemungutan suara dilakukan di tujuh kota Turki, yaitu Kutahya, Antalya, Izmir dan Bursa dengan metode Kotak Suara Keliling (KSK), dan melalui TPSLN di Ankara, Istanbul dan Sakarya.

“Ini kali pertama saya memilih. Penga turan alur pencoblosan sangat baik dan petugas informatif,” kesan salah seorang pemilih, Afifah Nur Ismah (20).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.