Dark/Light Mode

Dubes Thailand Untuk Indonesia Prapan Disyatat Happy Festival “Perang Air” Meriah

Selasa, 23 April 2024 07:00 WIB
Dubes Prapan Disyatat (keempat kanan berdiri) bersama para tamu dalam Festival Songkran di Kedutaan Besar Thailand, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).(Foto: Dok. Sanukmak Thai Trip)
Dubes Prapan Disyatat (keempat kanan berdiri) bersama para tamu dalam Festival Songkran di Kedutaan Besar Thailand, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).(Foto: Dok. Sanukmak Thai Trip)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Thailand, ratusan ribu warga lokal dan wisatawan mancanegara baru saja menikmati kemeriahan Festival Songkran. Festival yang dikenal dengan kemeriahan perang airnya ini ternyata juga bisa dinikmati di Indonesia.

Untuk pertama kalinya, Kedutaan Besar Thailand bekerja sama dengan Sanukmak Thai Trip mengadakan The Amazing Songkran 2024 di halaman Gedung Kedutaan Besar Thailand, di Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

Meski acara baru dimulai pukul 10.30, gelombang kedatangan tamu sudah terlihat sejak pukul 09.00. Semuanya datang dengan pakaian kemeja atau kaos bercorak cerah.

Baca juga : Dubes Ukraina Untuk Indonesia Vasyl Hamianin Curhat Serangan Rusia Sudah Dekati Rumah

Sementara sejumlah staf Kedutaan Besar Thailand memastikan spot pengisian air terisi dan keran menyala. Tidak hanya itu, lokasi untuk mengganti pakaian juga tersedia. Tenda khusus yang menjajakan makanan pun sudah siap menyambut tamu.

Duta Besar (Dubes) Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat mengaku gembira melihat kerumunan tamu yang datang. “Terima kasih sudah datang memeriahkan acara ini. Semoga Anda semua bisa menikmati Festival Songkran langsung ke Thailand,” ujar Dubes Prapan, yang langsung disambut sorak setuju para tamu yang kebanyakan anak muda.

Usai upacara berdoa dan menyiram air suci kepada orang yang dianggap tua, MC pun mulai menghangatkan suasana dengan kegiatan kuis dan door prize. Di sesi ini, pengunjung bisa menikmati kuliner Thailand. Mulai dari minuman hingga makanan khas Thailand seperti hidangan laut dan mango sticky rice.

Baca juga : Dubes Italia Untuk Indonesia Benedetto Latteri Promosi Budaya Lewat Festival Film

Tidak perlu menunggu lama, para tamu pun mulai melempari tamu lainnya dengan bola air atau menembaki dengan senapan air. Perang air pun mengubah rasa canggung di awal menjadi rasa akrab. “Kami sudah merencanakan acara ini sejak dua atau tiga bulan lalu, dengan harapan, para tamu bisa menjadi lebih akrab usai festival,” ujar Dubes Prapan.

Berdasarkan catatan panitia, rencana awal hanya ingin menerima maksimal 100 tamu, namun justru dihadiri lebih dari 200 tamu yang kebanyakan merupakan anak muda.

Melihat animo masyarakat, Dubes Prapan berencana menja dikan Festival Songkran sebagai kegiatan rutin Kedutaan Besar di tahun berikutnya.

Baca juga : Jelang World Water Forum Ke-10, Indonesia Ajak Dunia Atasi Persoalan Air

Festival yang sebenarnya di adakan pada 13 - 15 April ini tidak hanya ditunggu tunggu rakyat Thailand. Banyak wisatawan mancanegara yang sengaja ikut dalam festival perang air itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.