Dark/Light Mode

Rapat Kabinet Perdana Di Meja Sederhana

PM Baru Singapura Dipuji Netizen +62

Sabtu, 18 Mei 2024 08:00 WIB
Beginilah suasana rapat kabinet pertama yang digelar Perdana Menteri Singapura yang baru, Lawrence Wong. Meja rapat yang begitu sederhana, juga konsumsi rapat yang tersaji di meja, jadi bahan sorotan warganet Indonesia. Foto ini dipamerin Lawrence, di akun instagram pribadinya lawrencewongst, Jumat (17/5/2024). (Foto: Istimewa)
Beginilah suasana rapat kabinet pertama yang digelar Perdana Menteri Singapura yang baru, Lawrence Wong. Meja rapat yang begitu sederhana, juga konsumsi rapat yang tersaji di meja, jadi bahan sorotan warganet Indonesia. Foto ini dipamerin Lawrence, di akun instagram pribadinya lawrencewongst, Jumat (17/5/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Indonesia dibuat kagum dengan suasana rapat kabi­net Perdana Menteri (PM) Singa­pura Lawrence Wong, karena dige­lar di ruangan bermeja sederhana. Bahkan, tidak ada camilan atau botol air mineral di atasnya. Melihat kesederhanaan itu, PM Singapura banjir pujian dari netizen +62, sebutan bagi warganet Indonesia.

Satu hari setelah dilantik jadi PM Singapura, Lawrence Wong lang­sung menggelar rapat kabinet per­tamanya pada Kamis (16/5/2024). Mantan Menteri Keuangan Singa­pura yang terkenal aktif di media sosial ini pun mengunggah momen tersebut lewat media sosial X-nya @LawrenceWongST.

"Hari pertama dalam peran ba­ruku. Mengadakan rapat Kabinet pertama saya sore ini. Kami memi­liki agenda penuh ke depan. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda semua untuk membawa Singapura maju di fase berikutnya," tulis Lawrence Wong.

Di sekitarnya berjejer anggota kabinet. Tampak mantan PM Lee Hsien Loong yang kini menjadi Menteri Senior dan Deputi PM Heng Swee Keat dan Gan Kim Yong.­

Baca juga : Tuntaskan Di DPR, Jangan Di MK

Ruangan rapat ini juga terkesan jauh dari kata mewah, karena tidak ada bucket bunga maupun camilan di atas mejanya. Di atas meja cokelat berbentuk melingkar tersebut, hanya terdapat kertas catatan dan satu cang­kir minuman untuk peserta rapat. Di sekeliling mereka juga tidak terlihat asisten pribadi.

Melihat suasana rapat yang seder­hana, netizen Indonesia langsung menyerbu postingan Wong dan memberikan komentar positif. Me­reka mengaku salut karena biarpun Singapura merupakan negara maju, rapatnya tetap membumi.

"Salam hikmat atas kesederhanaan anda. Semoga pemimpin Indonesia mampu mencontoh teladan ini," tulis akun @tunggalcandra. "Nggak ada yang main HP, nggak ada makanan, semua fokus kerja. Nah gini lho penyelenggara negara yang bener," timpal @aditya_pwn.

"Rapat kabinetnya simpel ya, mini­malis dan secangkir kopi/teh, nggak kaya di Indonesia ada jajan, air yang mahal itu apa namanya aku lupa, microphone panjang, meja bagus, ruangan megah, ada kembang meling­kar di meja," sahut @mikomikamilo.

Baca juga : Nggak Nyaman, Jalannya Naik Turun, Bikin Waswas

"Bapak-bapak Ibu-Ibu, mungkin bisa disosialisasikan ke para ASN dan Eselon 1, untuk rapat/konsinyering modelnya sebaiknya begini saja, agar bisa fokus pada substansi, niscaya anggaran rapatnya bisa dialokasikan ke program-program yang lebih konkrit," harap @meisasilakarma.

Dapat Ucapan Selamat Dari Jokowi & Prabowo

Untuk diketahui, Wong dilantik pada Rabu (15/5/2024), sebagai PM Singa­pura Ke-4 menggantikan Lee Hsien Loong. Usai Wong dilantik, Presiden Jokowi langsung mengucapkan selamat dan menyatakan Indonesia siap melan­jutkan kerjasama dengan Negeri Singa.

"Kerja sama yang saling mengun­tungkan dengan Singapura dan dalam menjaga sentralitas ASEAN," kata Jokowi dalam keterangan tertulis melalui X, pada Kamis (16/5/2024).

Baca juga : PKB Dorong Kiai Marzuki Saingi Kekuatan Khofifah

Selain itu, Wong juga mendapat ucapan selamat dari Presiden terpilih Prabowo Subianto lewat sambungan telepon pada Kamis (16/5/2024).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 18 Mei 2024 dengan judul Rapat Kabinet Perdana Di Meja Sederhana, PM Baru Singapura Dipuji Netizen +62

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.