Dark/Light Mode

Airlangga Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University

Selasa, 21 Mei 2024 15:30 WIB
Airlangga Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan telah terjalin selama lebih dari 50 tahun. Hubungan erat kedua negara terus didorong, terutama dalam sektor ekonomi, perdagangan, dan investasi. Pada tahun 2023, Korea Selatan menduduki peringkat ke-7 dalam realisasi investasi di Indonesia dengan nilai sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Untuk mempererat kerja sama ekonomi ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, aktif melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah dan pengusaha Korea Selatan. Atas upayanya dalam mendorong dan menjaga kolaborasi di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, dan pendidikan, Menko Airlangga dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University (GNU) di Jinju, Korea Selatan, pada Selasa (21/05).

“Saya sangat berterima kasih atas apresiasi luar biasa dari Gyeongsang National University. Dengan semangat kemitraan yang saling mendukung, saya berharap kerja sama strategis di berbagai bidang antara Indonesia dan Korea Selatan dapat terus meningkat dan memberikan manfaat besar bagi kedua negara,” kata Airlangga, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024). 

Baca juga : Negeri Panda Jadi Mitra Dagang Utama Indonesia

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas dukungan penuh dan dedikasi Menko Airlangga dalam mendorong kolaborasi antara Indonesia dan Korea Selatan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden GNU, Kwon Soon-Ki.

Dalam acara penganugerahan, Menko Airlangga menyampaikan orasi ilmiah yang menggambarkan Visi Indonesia Emas 2045, kondisi ekonomi dan geopolitik global, strategi pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang, serta komitmen terhadap kerja sama dan reformasi global.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyampaikan langkah besar Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama yang mulai bergabung dalam keanggotaan OECD.

Baca juga : Kearifan Lokal Dorong Moderasi Beragama dengan Kedepankan Toleransi

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Airlangga atas gelar Doktor Honoris Causa. Kami sangat bangga karena Pak Airlangga menjadi bagian dari alumni GNU. Sesuai moto GNU yang selalu menjadi pionir, kami sangat menghargai keahlian Pak Airlangga baik secara personal maupun profesional dalam bidang perekonomian serta kemampuannya dalam membina hubungan antarnegara,” ujar Ketua Alumni GNU, Jeong Taek Soo.

Gyeongsang National University, yang didirikan pada tahun 1910, merupakan salah satu universitas unggulan nasional di Korea Selatan. Pada 1 Maret 2021, GNU diintegrasikan dengan Universitas Sains dan Teknologi Nasional Gyeongnam. Universitas ini mencakup berbagai disiplin ilmu seperti Humaniora, Kedokteran Hewan, Farmasi, Teknik, dan Pendidikan. Secara khusus, universitas ini juga memiliki banyak prestasi dalam disiplin ilmu kehidupan, teknik mesin, teknik dirgantara, teknologi nano, teknik material tingkat lanjut, dan kimia.

“Kita harapkan bahwa apresiasi ini dapat meningkatkan pengakuan dunia terhadap kinerja perekonomian Indonesia. Pemberian gelar Doktor Honoris Causa ini juga menjadi penyemangat kita semua untuk terus menjaga resiliensi perekonomian nasional menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Menko Airlangga.

Baca juga : Arteta Siap Belajar Dari Kesalahan Di Liga Champions

Selain menerima gelar Doktor Honoris Causa, kunjungan kerja Menko Airlangga ke Korea Selatan juga diisi dengan pertemuan bersama para pengusaha Korea Selatan untuk membahas peluang kerja sama di bidang otomotif, elektronik, semikonduktor, dan pengembangan bahan bakar hidrogen di Indonesia. Kerja sama kedua negara terus ditingkatkan untuk mendorong penciptaan ragam solusi inovatif bagi perekonomian kedua negara di masa depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.