Dark/Light Mode

Menlu OKI Ngumpul Di Brussels

Retno Bujuk Uni Eropa Akui Negara Palestina

Rabu, 29 Mei 2024 06:20 WIB
Menlu RI Retno Marsudi (kiri) saat menghadiri pertemuan dengan sejumlah negara termasuk Arab dan Eropa di Brussels, Belgia, Minggu (26/5/2024). Foto: Dok . Kemlu RI
Menlu RI Retno Marsudi (kiri) saat menghadiri pertemuan dengan sejumlah negara termasuk Arab dan Eropa di Brussels, Belgia, Minggu (26/5/2024). Foto: Dok . Kemlu RI

 Sebelumnya 
“Saya juga menyampaikan pe­san mengenai pentingnya kesatuan Palestina dan mendukung refor­masi yang dilakukan Pemerintah Palestina. Karena ini akan berkon­tribusi bagi proses perwujudan two state solution,” ujarnya.

Sebelumnya, PM Israel Benja­min Netanyahu telah bersumpah melanjutkan serangan ke Rafah, wilayah selatan di Jalur Gaza. Dia berdalih serangan tersebut dilakukan untuk memburu Hamas, faksi Palestina yang berkuasa di Gaza sejak 2007.

Baca juga : SYL Didakwa Lakukan TPPU Rp 104,5 Miliar

Alasan Israel melakukan se­rangan, sebagai balasan atas serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 dan menyandera lebih dari 200 orang saat itu.

Serangan balasan Israel me­nyebabkan korban tewas di Jalur Gaza mencapai 35.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah warga sipil Gaza yang terdiri dari wanita dan anak-anak.

Baca juga : Mantap Ceraikan Andrew

Tak cukup dengan itu, Israel terus menggempur Rafah. Israel menduga, Rafah sebagai tempat persembunyian Hamas. Namun kenyataannya, serangan Israel lebih banyak memakan korban jiwa dari kalangan sipil.

CNN melaporkan, keca­man global meningkat atas serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi di Rafah yang menewaskan sedikitnya 45 orang hingga Selasa (28/5/2024). Banyak di antaranya perempuan dan anak-anak.

Baca juga : Jokowi Luncurkan Jalan Tol Digital Layanan Publik

Mahkamah Pidana Internasional telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant pada Senin (20/5/2024). LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 29 Mei 2024 dengan judul "Menlu OKI Ngumpul Di Brussels Retno Bujuk Uni Eropa Akui Negara Palestina"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.