Dark/Light Mode

Pemilu Maraton Di India Berakhir, Modi Diyakini Jadi Perdana Menteri 3 Periode

Sabtu, 1 Juni 2024 22:27 WIB
PM India Narendra Modi (Foto: Instagram)
PM India Narendra Modi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu maraton di India berakhir pada hari ini, Sabtu (1/6/2024), enam minggu setelah pemungutan suara di tengah gelombang panas terik dimulai. Hasilnya, akan diumumkan pada Selasa (4/6/2024).

Perdana Menteri (PM) Narendra Modi diyakini tampil sebagai pemenang dan bertahta di masa jabatan ketiga.

Kemenangan Modi tak lepas dari citranya sebagai pendukung agresif keyakinan mayoritas di India. 

Modi yang kini berusia 73 tahun, akan menjadi perdana menteri India kedua setelah pemimpin kemerdekaan Jawaharlal Nehru, yang memenangkan tiga masa jabatan berturut-turut.

Baca juga : Batal Bersaksi Hari Ini, Sahroni Dihadirkan Pekan Depan Bareng Putri SYL

Aliansi yang dipimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) diperkirakan mampu mendulang suara mayoritas dalam Pemilu, berdasarkan ringkasan jajak pendapat yang disiarkan NDTV, Sabtu (1/6/2024).

Ringkasan dua jajak pendapat memperkirakan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang saat ini berkuasa, mampu memenangkan lebih dari 350 kursi di majelis rendah parlemen yang beranggotakan 543 orang. Dibutuhkan 272 kursi untuk mendapatkan mayoritas sederhana.

Di Pemilu 2019, NDA memenangkan 353 kursi Aliansi oposisi "INDIA" yang dipimpin partai Kongres pimpinan Rahul Gandhi. Saat ini, aliansi oposisi dapat memenangkan lebih dari 120 kursi.

Lewat platform media sosial X, Modi mengungkapkan keyakinannya Untuk meraih mandat tiga kali berturut-turut.

Baca juga : Sengketa Berakhir, Nirina Zubir Ambil Sertipikat Tanah Langsung Dari Menteri AHY

"Saya dapat mengatakan dengan yakin, bahwa rakyat India telah memberikan suara dalam jumlah besar untuk kembali memilih pemerintahan NDA," cuitnya.

Mengutip Channel News Asia, banyak orang di daerah pemilihan Modi di Varanasi, menginginkan kemenangan Modi.

“Saya memilih pertumbuhan dan pembangunan negara saya. Hanya ada satu pemimpin yang saya kenal, Narendra Modi. Saya memilih dia,” kata warga setempat, Brijesh Taksali kepada AFP, di luar tempat pemungutan suara.

Varanasi adalah ibu kota spiritual agama Hindu, tempat umat dari seluruh India datang untuk mengkremasi orang-orang tercinta yang telah meninggal di tepi sungai Gangga.

Baca juga : Pelatih Mochizuki Yakin Garuda Pertiwi Makin Moncer

Kota ini merupakan salah satu kota terakhir yang menyumbang suara dalam pemilu India yang sangat melelahkan.

Varanasi juga menjadi saksi dukungan publik terhadap Modi, dengan warna agama dan politik yang semakin menyala.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.