Dark/Light Mode

Kejar Apple Dan Google

Facebook Luncurkan Facebook Pay

Rabu, 13 November 2019 20:10 WIB
Inilah tampilan aplikasi pembayaran Facebook Pay yang diliris Facebook.  Foto: The Verge
Inilah tampilan aplikasi pembayaran Facebook Pay yang diliris Facebook. Foto: The Verge

RM.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi sosial media Facebook meluncurkan layanan sistem pembayaran online, Facebook Pay, Selasa (12/11).

Selain di Facebook, layanan pembayaran daring ini akan bisa digunakan sebagai alat bertransaksi di aplikasi sosial media lain yang dimiliki perusahaan Mark Zukerberg ini. Antara lain Messengger, Instagram dan WhatsApp.

Baca juga : Kemendes Luncurkan Program Nusatani

Para pengguna aplikasi Facebook Pay bisa merasakan kemudahan mengirim uang, berdonasi hingga berbelanja di portal sosial media milik Facebook, paling cepat akhir pekan ini. Namun, sementara baru pengguna di Amerika Serikat saja yang bisa mengakses layanan ini

"Seiring berjalannya waktu, kami akan melebarkan jangkauan layanan pembayaran online. Nantinya juga pengguna bisa melakukan transaksi antar aplikasi," terang Wakil Presiden Facebook bagian Marketplace & Commerce Deborah Liu dikutip The Verge.

Baca juga : Telkomsel Luncurkan Game Lord of Estera

Langkah Facebook ini mengikuti jejak Apple yang telah meluncurkan Apple Pay dan Google dengan Google Wallet.

Namun, alat pembayaran ini tidak seperti dompet elektronik yang menyimpan uang dalam platform mereka. Facebook Pay hanya bisa digunakan ketika dihubungkan dengan rekening bank atau kartu kredit. 
Sehingga pembayaran akan langsung dikenakan pada tabungan atau kartu kredit pengguna. Karena itu, Facebook Pay tidak mengenakan biaya apapun. 

Baca juga : Hari Ini, BKS Dampingi Jokowi Luncurkan Mobil Perdana Esemka

Sebelumnya, Facebook telah memiliki layanan pembayaran yang disebut Payment di Messenger. Cara kerja alat bayar ini serupa dengan Facebook Pay. Tapi, Payment masih belum terhubung dengan sebagian besar penyedia kartu kredit.

Untuk memproses pembayaran, Facebook bekerja sama dengan sejumlah bank seperti PayPal, dan Stripe.
Kendati demikian, Liu belum bisa memastikan kapan Facebook Pay akan diluncurkan secara global. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.