Dark/Light Mode

2 Anak Putin, Vorontsova Dan Tikhonova, Bicara Di Forum Ekonomi St Petersburg

Minggu, 9 Juni 2024 09:01 WIB
Maria Vorontsova, putri Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Getty Images via CNN International)
Maria Vorontsova, putri Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Getty Images via CNN International)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova, dua putri Presiden Rusia Vladimir Putin yang jarang tampil di muka publik, terlihat ambil bagian dalam panel di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg pekan ini.

Vorontsova dan Tikhonova yang kira-kira berusia 30-an, adalah anak Putin dari pernikahannya dengan Lyudmila Aleksandrovna Ocheretnaya, yang berakhir pada 2013 setelah hampir 30 tahun menikah.

Selama ini, Putin hanya menyebut anaknya bekerja di bidang sains dan pendidikan. Putin juga mengaku sudah memiliki cucu. Namun, dia tak pernah mengungkap nama-namanya.

Media independen Rusia Novaya Gazeta Europe mengatakan, Vorontsova dan Tikhonova pernah menghadiri St. Forum Petersburg di masa lampau. Namun, yang menjadi pembicara hanya Tikhonova, yang berusia lebih muda.

Baca juga : Pakar Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5 Persen

Dalam video yang beredar, Tikhonova yang merupakan seorang eksekutif teknologi, bicara soal kedaulatan teknologi pertahanan dalam kapasitasnya sebagai Direktur Umum National Intellectual Development Foundation (NIDF) di Forum Ekonomi St Petersburg, Kamis (6/6/2024). Termasuk, soal inovasi dan upaya menghilangkan impor teknologi terkait bidang sipil dan militer.

Buntut invasi Rusia ke Ukraina, Tikhonova ikut dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada April 2022, atas pekerjaannya mendukung Kementerian Pertahanan Rusia.

Tak hanya Tikhonova, Vorontsova juga dijatuhi sanksi. Dalam panel Jumat (7/6/2024), Vorontsova bicara soal inovasi bioteknologi dan bioproduksi.

Vorontsova yang merupakan ahli endokrin, terdaftar sebagai anggota Asosiasi Rusia untuk Promosi Sains.

Baca juga : Pimpin Raker Ekoregion, Sekjen Bambang Bicara Pembangunan Ekonomi Di Sumsel

Para analis percaya, sebagian kekayaan Putin tersembunyi di rekening bank anggota keluarga.

Putin sangat tertutup tentang putri dan kehidupan keluarganya. Memuruy para analiz, hal itu dilakukan karena Putin ingin tampil kuat dan tidak menunjukkan kerentanan yang dapat dieksploitasi.

Putin juga pernah mengatakan, putrinya tidak terlibat dalam politik dan menjalani kehidupan biasa. Tikhonova pernah diberitakan mengejar karier di dunia rock and roll akrobatik.

Melansir CNN International, Vorontsova menikah dengan seorang pengusaha Belanda. Mereka dikabarkan tinggal di apartemen senilai 3,3 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 53,49 miliar di Belanda.

Baca juga : Ajak Ngabuburit, Coocaa dan Timezone Kolaborasi Luncurkan Super Fun Ramadan

Sebuah vila bernilai jutaan dolar AS dengan delapan kamar tidur di Biarritz, Prancis, juga telah dikaitkan dengan Tikhonova. Konon, vila itu dibeli oleh mantan suami Tikhonova, Kirill Shamalov.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.