Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Ukraina Arief Muhammad Basalamah, Rendang & Sate Jamu Pengunjung Pameran

Jumat, 14 Juni 2024 07:31 WIB
Dubes Arief Muhammad Basalamah (pegang mik) dalam pem­bukaan pameran budaya di Lviv Historical Museum, Kiev, Ukraina, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Kiev)
Dubes Arief Muhammad Basalamah (pegang mik) dalam pem­bukaan pameran budaya di Lviv Historical Museum, Kiev, Ukraina, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Kiev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kiev, Ukraina, bekerja sama dengan Museum Sejarah Lviv (Lviv Historical Museum) membuka pameran budaya Indonesia bertajuk “Indonesia Through the Lens” di Lviv Histori­cal Museum, Selasa (11/6/2024).

Penyelenggaraan pameran tersebut bertujuan memperkenalkan keragaman pesona alam dan budaya Indonesia.

Pameran secara resmi dibuka Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Ukraina, Arief Muhammad Basalamah dan dihadiri para perwakilan Pemerintah Daerah Lviv, sejarawan Ukraina, perwakilan diplomat asing hingga jurnalis.

Baca juga : Dubes RI Untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin Bangga Pameran Indonesia Sukses Di NICF 2024

“Pameran budaya kali ini menandai peringatan 32 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Ukraina, yang dimulai tepatnya 11 Juni 1992,” ujar Dubes Arief, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/6/2024).

Dia memaparkan, selama tiga dekade hubungan Indonesia-Ukraina, kedua negara telah menjalin hubungan kerja sama yang didasari prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan, melalui bidang ekonomi, budaya, pendidikan dan lainnya.

“Kerja sama sosial budaya memainkan peranan penting dalam memperkuat ikatan persahabatan Indonesia dengan Ukraina,” imbuhnya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Ajak WNI Kunjungi World Expo 2025

Dalam pembukaan acara pameran ini, Dubes Arief menunjukkan foto kunjungan Presiden Joko Widodo pada 29 Juni 2022, sebagai kepala negara Asia pertama yang mengunjungi Ukraina di tengah kondisi perang. Kunjungan tersebut menunjukkan komitmen teguh Indonesia terhadap keutuhan wilayah dan kedaulatan Ukraina, dan upaya mewujudkan perdamaian dunia.

Pameran budaya tersebut akan berlangsung hingga Oktober 2024. Selain pesona alam Indonesia, pameran ini juga menampilkan beragam tradisi dan agama di Indonesia, serta warisan budaya berbagai suku bangsa di Indonesia.

Di acara pembukaan, pengunjung yang hadir dalam pameran dapat menikmati berbagai hida­ngan khas nusantara. Yakni sate ayam, soto daging, bakwan, risoles, nasi goreng hingga rendang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.