Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Ajak WNI Kunjungi World Expo 2025

Selasa, 4 Juni 2024 07:05 WIB
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi. (Foto: Istimewa)
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyampaikan, tahun 2025 adalah momentum penting bagi diplomasi Indonesia di Jepang. Sebab, Indonesia akan berpartisipasi pada World Expo 2025 di Osaka, Jepang.  

Hal ini dikatakan Dubes Heri, dalam sambutan pembukaan Festival Indonesia (Festina) di Sendai, Prefektur Miyagi, Minggu, 2 Juni 2024. Festina merupakan bagian program promosi dan pelayanan terpadu Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD), di Sendai, 31 Mei-2 Juni 2024. Festina dihadiri lebih dari 200 warga Indonesia dan Jepang.

“Saya mengajak saudara-saudara semua hadir mengunjungi Paviliun Indonesia, yang mengusung tema alam, budaya, dan masa depan, yang sesuai semangat tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Heri yang didampingi sang istri, Nuning Akhmadi; Koordinator Fungsi Politik, Ali Andika Wardhana; Koordinator Fungsi Protokol Konsuler, Titi Nahilal Hamzah, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Resmikan Pondok Pesantren NU Attaqwa Di Koga

“Paviliun Indonesia akan hadir strategis bersebelahan dengan paviliun dari Australia dan sejumlah organisasi internasional,” tambahnya.

Sebagai bagian IJFD Sendai 2024, KBRI Tokyo menyeleng­garakan pelayanan dan konsultasi kekonsuleran. Seperti pelayanan pendidikan dan keuangan yang dihadiri lebih dari 300 warga dan diaspora Indonesia yang tinggal di Jepang.

Kesempatan ini digunakan Dubes Heri untuk menyerukan pentingnya lapor diri bagi WNI di Jepang.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jerman Arif Havas Oegroseno Terima Kunjungan Kepala BP2MI

KBRI Tokyo dalam Festina juga hadir mempromosikan produk Indonesia melalui mini bazar. Dalam rangkaian kegiat­an IJFD Sendai 2024, Dubes Heri juga bertemu Gubernur Miyagi, Murai Yoshihiro, guna membahas penguatan kerja sama ketenagakerjaan, riset dan industri halal. 

Terpisah, dalam pertemuan dengan Wali Kota Sendai, Kohri Kazuko, Dubes Heri mendorong dibentuknya asosiasi masyarakat Indonesia dan Sendai, dengan penyelenggaraan kegiatan Indonesia International Friendship Day pada musim panas 2025 di Sendai. Hal senada juga disampaikannya saat bertemu Miyagi International Association (MIA).

Pada pertemuan dengan Rektor Tohoku University, Dubes RI dan rombongan  melakukan penjajakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) serta dan berdialog dengan mahasiswa Indonesia di Sendai Iryo Fukushi Vocational College.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.