Dark/Light Mode

Kunjungi Helsinki

Retno Lobi Finlandia Segera Akui Palestina

Sabtu, 15 Juni 2024 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen (kanan) bersama Menlu RI Retno Marsudi di Helsinki, Finlandia, Kamis (13/6/2026). Foto: KEMLU RI
Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen (kanan) bersama Menlu RI Retno Marsudi di Helsinki, Finlandia, Kamis (13/6/2026). Foto: KEMLU RI

 Sebelumnya 
Sejauh ini, sudah ada 12 negara Eropa yang mengakui Palestina. Yakni, Swedia, Siprus, Hun­garia, Ceko, Polandia, Slovakia, Romania, Bulgaria, Irlandia, Spanyol, Norwegia dan Slovenia. Pengakuan dari negara-negara di Benua Biru ini menunjukkan du­kungan atas perjuangan Palestina melawan Israel.

Selain soal Palestina, Retno membahas peningkatan kerja sama bilateral hingga pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Menlu Val­tonen. Apalagi tahun ini, ketika hubungan Indonesia-Finlandia memasuki usia 70 tahun, kedua negara sepakat untuk terus me­ningkatkan kerja sama bilateral.

Saat ini, sudah ada Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Otoritas IKN dengan Kementerian Ekonomi Finlandia.

Baca juga : Warga Wijaya Ngeluh Bising Dan Bikin Macet

“Saya harap MoU itu dapat membuka pintu untuk kerja sama selanjutnya dalam pembangunan IKN, terutama investasi Fin­landia di IKN,” terang mantan Duta Besar untuk Belanda ini.

Terkait kerja sama perdagangan, Finlandia merupakan mi­tra dagang utama Indonesia di kawasan Nordik. Kedua negara sepakat untuk terus mendo­rong peningkatan perdagangan kedua negara.

Berdasarkan data Kemlu RI, nilai perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai 713 juta dolar AS (Rp 11,6 triliun) atau naik 22 persen dibandingkan perdagangan pada 2019. Pada kuartal pertama 2024, perda­gangan Indonesia-Finlandia naik 40 persen dibandingkan kuartal pertama 2023.

Baca juga : Italia Vs Albania, Gli Azzurri Ngarep Pertahankan Gelar

“Kami juga sepakat mendo­rong investasi yang lebih besar dari Finlandia di Indonesia, termasuk di sektor energi hijau dan smart cities,” kata Retno.

Kedua Menlu juga mendis­kusikan kerja sama pendidikan, dengan menyambut baik penyelenggaraan 1st Indonesia-Finland Joint Working Group on Higher Education and Teacher Capacity Development pada September tahun lalu. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Sabtu, 15 Juni 2024 dengan judul "Kunjungi Helsinki, Retno Lobi Finlandia Segera Akui Palestina"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.