Dark/Light Mode

Italia Vs Albania, Gli Azzurri Ngarep Pertahankan Gelar

Sabtu, 15 Juni 2024 06:40 WIB
Pemain Timnas Italia. (Foto: Jennifer Lorenzini/Reuters)
Pemain Timnas Italia. (Foto: Jennifer Lorenzini/Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juara bertahan Italia akan mengawali laga menghadapi tim enteng, yaitu Albania pada laga Grup B di Signal Iduna Park, Dortmund, dini hari nanti. Ini menjadi kesempatan Gli Azzurri mengawali turnamen dengan mulus.

Rekor Italia melawan Albania seakan menjadi awal yang nya­man di bagi sang juara bertahan. Kedua tim sudah bertemu empat kali sejak 2014 dan Gli Azzurri selalu mampu memenangi setiap pertandingan.

Kini, tim asuhan Luciano Spalletti ini mengemban misi besar pada perhelatan Euro 2024 di Jerman. Juara Euro 2020 itu bertekad mempertahankan gelar, sehingga harus bisa tampil maksimal di setiap laga yang dimainkan. Di Grup B, Italia bersama Albania, Spanyol dan Kroasia.

Dalam empat laga uji coba jelang Euro 2024, Italia bahkan telah menunjukkan kesiapan performa cukup matang dengan meraih tiga kemenangan dan sekali imbang. Pertama, menang 2-1 atas Venezuela, menang 2-0 atas Ekuador, imbang tanpa gol dengan Turki, dan menang 1-0 atas Bosnia.

Baca juga : Gim 4 Final NBA 2023-2024, Mavericks Di Ujung Tanduk

Mateo Retegui memborong dua gol ke gawang Venezuela. Lorenzo Pellegrini dan Nicolo Barella masing-masing mencetak satu gol kontra Ekuador. Davide Frattesi menciptakan gol tunggal penentu kemenangan atas Bosnia.

Dalam dua uji coba terakhirnya, Albania selalu menang dan mencetak tiga gol. Albania men­galahkan Liechtenstein 3-0, ke­mudian menundukkan Azerbaijan 3-1. Enam gol Albania dalam dua laga itu dicetak oleh enam pemain berbeda. Mereka adalah Armando Broja, Jasir Asani, Ernest Muci, Nedim Bajrami, Rey Manaj, dan Qazim Laci.

Albania punya rekor buruk melawan Italia. Dalam empat pertemuan dengan Italia sejauh ini, Albania selalu tumbang. Termasuk dengan skor 1-3 di laga uji coba pada 16 November 2022.

Kendati punya rekor perte­muan bagus, Italia tetap wajib mewaspadai Albania di Euro 2024. Pasalnya, Armando Broja dan kawan-kawan terbilang tampil cukup baik di babak kualifikasi, dengan membuku­kan 4 kemenangan, 3 seri, dan 1 kalah. Mereka sukses menjadi juara grup mengungguli Ceko dan Polandia.

Baca juga : Prabowo Bersinar Di Luar Negeri

Bagi Albania, ajang Euro 2024 merupakan penampilan ke-2 di putaran final, sejak debut pada 2016. Ketika penampilan pertama di Piala Eropa, Albania gagal lolos dari fase grup. Oleh karenanya kali ini Albania bertekad meraih hasil lebih.

Di sisi lain, Italia yang berstatus juara bertahan Piala Eropa justru kesulitan ketika babak kualifi­kasi. Gli Azzurri bahkan harus menunggu hingga laga terakhir fase kualifikasi, guna memastikan tiket lolos ke Euro 2024.

Di samping itu Timnas Italia juga kehilangan banyak pemain kunci yang turut membawa ge­lar juara Euro 2020. Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini sudah pensiun, masih belum bisa digantikan oleh bek-bek muda yang masih tampil inkonsisten di beberapa turnamen internasional. Hal itu pula yang membuat mer­eka absen di Piala Dunia 2022.

Dikutip dari laman resmi UEFA, kiper sekaligus kapten Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, menyebut Albania sebagai la­wan tangguh. Meski Italia punya keunggulan head to head (H2H), ia meminta rekan-rekannya untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga : Para Menteri Protes Ke Sri Mul

“Albania adalah tim hebat, den­gan pemain muda menarik yang punya pengalaman. Setiap per­tandingan berbeda, jadi kami harus menghadapinya sebaik mungkin, dan berusaha memenangkan se­tiap pertandingan,” kata Gianluigi Donnarumma seperti dikutip dari laman resmi UEFA, kemarin.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 15 Juni 2024 dengan judul Italia Vs Albania, Gli Azzurri Ngarep Pertahankan Gelar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.