Dark/Light Mode

KBRI Addis Ababa-Universitas Harambee Luncurkan Dua Buku Tentang Pariwisata

Minggu, 16 Juni 2024 14:05 WIB
Duta Besar RI di Addis Ababa, Al Busyra Basnur (tengah) saat meluncurkan buku. (Foto: KBRI Addis Ababa)
Duta Besar RI di Addis Ababa, Al Busyra Basnur (tengah) saat meluncurkan buku. (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar RI Addis Ababa bekerjasama dengan Universitas Harambee, meluncurkan dan mendiskusikan dua buku baru di kampus universitas tersebut yang terletak di kota Adama, 100 km selatan kota Addis Ababa, Sabtu, 15 Juni 2024. 

Kedua buku berjudul Tourism for Global Connectivity and Economic Development (184 halaman) dan Media and Public Diplomacy for International Connectivity (114 halaman) diterbitkan oleh Kedutaan Besar RI Addis Ababa bekerjasama dengan Universitas Harambee dengan editor Duta Besar Al Busyra Basnur. 

Baca juga : Koalisi Disabilitas Berharap Dilibatkan Bahas RPP Konsesi Penyandang Disabilitas

Duta Besar RI di Addis Ababa, Al Busyra Basnur mengatakan, buku tersebut merupakan kumpulan tulisan yang berisi pemikiran, saran dan ide dari akademisi, wartawan, pemuda dan tokoh terkemuka Indonesia dan Ethiopia tentang isu-isu utama pariwisata dan media dikaitkan dengan pembangunan global. 

Peluncuran dan diskusi buku dihadiri oleh sekitar 150 orang yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, tokoh pemuda Ethiopia, pengusaha, wartawan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan pejabat pemerintah Ethiopia.  

Baca juga : Edukasi Gen Z dan UMKM Soal Pajak, Universitas Trisakti Luncurkan E-TaXakti

“Penerbitan buku ini adalah salah satu bentuk diplomasi publik Indonesia yang bertujuan mendorong pembangunan konektifitas dan kerja sama yang lebih luas antar aktor non-pemerintah Indonesia dengan Ethiopia, khususnya dikalangan penulis” kata Duta Besar Al Busyra.  

“Kami sengaja mengangkat isu-isu global untuk judul buku, karena kami ingin buku ini tidak hanya dibaca oleh masyarakat Indonesia dan Ethiopia, juga penting dan dibutuhkan masyarakat dari berbagai negara lain di dunia. Jadi pemikiran dan pandangan orang Indonesia dan Ethiopia bisa menjadi rujukan masyarakat dunia,” kata Dubes Al Busyra.  

Baca juga : KBRI Addis Ababa Luncurkan Buku Afrika Dalam Pandangan Pemuda Indonesia

Sejak 2020, KBRI Addis Ababa telah menerbitkan 10 (sepuluh) buku. Tiga buku ditulis oleh Duta Besar Al Busyra Basnur, sementara 7 buku lainnya merupakan kumpulan tulisan akademisi, wartawan, pemuda dan professional lainnya dari Indonesia dan Ethiopia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.