Dark/Light Mode

Hadir Di Gala Dinner EuroCham

Airlangga Pererat Kerja Sama RI Dan Uni Eropa

Jumat, 21 Juni 2024 07:00 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri acara Gala Dinner European Business Chamber di Jakarta, Rabu (19/6/2024). Perayaan tersebut menandai kontribusi jangka panjang EuroCham dalam meningkatkan hubungan bisnis Indonesia dan Uni Eropa. Foto: Instagram airlanggahartarto_official
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri acara Gala Dinner European Business Chamber di Jakarta, Rabu (19/6/2024). Perayaan tersebut menandai kontribusi jangka panjang EuroCham dalam meningkatkan hubungan bisnis Indonesia dan Uni Eropa. Foto: Instagram airlanggahartarto_official

RM.id  Rakyat Merdeka - Uni Eropa (UE) memainkan peran penting dalam perdagangan luar negeri dan investasi bagi Indonesia. Untuk itu, kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa bakal ditingkatkan.

Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto menjelaskan, pada 2023 total perdagangan UE tercatat 30,8 miliar dolar AS dan investasi UE di Indonesia selama lima tahun terakhir (2019-2023) mencapai 12,1 miliar dolar AS.

“Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan potensi kerja sama, perundingan Persetujuan Kemi­traan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agree­ment/IEU-CEPA) juga terus di­percepat dan diselesaikan secara substansial,” kata Airlangga di acara Gala Dinner European Business Chamber of Commerce (EuroCham) in Indonesia 20th Anniversary Night di Jakarta, Rabu (19/6/2024) malam.

Setelah perjanjian tersebut selesai, lanjut Airlangga, ke­mitraan Indonesia dan UE di­harapkan akan berada di level baru dengan kemampuan mem­fasilitasi dan menciptakan ak­ses pasar baru, meningkatkan perdagangan antara UE dan Indonesia, serta memperluas investasi langsung.

Baca juga : Warga Jakarta Ngeluh Tagihan PBB Bengkak

“Semua negosiasi ini sangat penting bagi kedua belah pihak. Presiden Joko Widodo juga sudah mengarahkan agar ini cepat-cepat tercapai kesepaka­tannya supaya bisa mening­katkan investasi dan memberi kesejahteraan lebih besar kepada masyarakat,” jelas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Menurutnya, Gala Dinner yang diadakan EuroCham untuk merayakan hari jadinya ke-20 tahun, juga menandai kontri­busi jangka panjang EuroCham dalam meningkatkan hubungan bisnis antara Indonesia dan UE.

Peningkatan hubungan itu juga berpengaruh terhadap per­kembangan ekonomi nasional Indonesia.

“Kami berharap UE, khusus­nya Euro Cham, menjadi mitra Indonesia dalam mencapai visi tersebut dengan memberikan ak­ses terhadap pasar, teknologi dan peluang investasi baru melalui kolaborasi yang kuat,” harap Airlangga.

Baca juga : Belanda Vs Prancis, Duel Rebutan Juara Grup D

Mantan Menteri Perindustrian itu mengatakan, Indonesia juga menjadi anggota ASEAN per­tama yang memulai proses ak­sesi Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dan berpotensi menjadi anggota OECD ketiga di Asia setelah Jepang dan Korea.

Proses aksesi OECD diharap­kan dapat menjadi katalisator perumusan atau penyempurnaan kebijakan dan peraturan unggul.

“Thailand akan menyusul dan masuknya kami dari Asia Tenggara akan membuat OECD lebih kuat. Karena OECD butuh global south partner juga seperti kami,” ujarnya.

Untuk itu, langkah konkret harus diambil dan Airlangga berharap dunia usaha Eropa bekerja sama ke depannya, sehingga kontribusi EuroCham terhadap Indonesia diharapkan tetap loud and clear. NOV

Baca juga : Alwi Ke Delapan Besar, Vito Dan Marcellyno Keok

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Jumat, 21 Juni 2024 dengan judul "Hadir Di Gala Dinner EuroCham Airlangga Pererat Kerja Sama RI Dan Uni Eropa"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.