Dark/Light Mode

Peringati 50 Tahun Hubungan Diplomatik

RI Beri Hibah Peralatan Medis Ke Fiji Rp 3,1 M

Rabu, 26 Juni 2024 06:20 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Fiji Dupito Simamora (kiri) dan Menkes Fiji Ratu Atonio Lalabalavu memperkuat kerja sama kesehatan. Foto: DOK. KBRI SUVA; KEMENTERIAN KESEHATAN FIJI
Duta Besar Indonesia untuk Fiji Dupito Simamora (kiri) dan Menkes Fiji Ratu Atonio Lalabalavu memperkuat kerja sama kesehatan. Foto: DOK. KBRI SUVA; KEMENTERIAN KESEHATAN FIJI

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia menyerahkan hibah peralatan medis kepada Fiji senilai 428.000 dolar Fiji (sekitar Rp 3,1 miliar). Bantuan ini diberikan sebagai bagian dari peringatan hubungan baik kedua negara.

Penyerahan hibah dilaku­kan Duta Besar (Dubes) Indone­sia untuk Fiji Dupito Simamora, kepada Pemerintah Fiji yang diwakili Menteri Kesehatan Ratu Atonio Lalabalavu.

Baca juga : Hubungan Sarwendah & Ruben Masih Hangat

Hibah peralatan medis terse­but berupa tempat tidur rumah sakit elektrik, kursi roda elektrik, meja pemeriksaan, troli obat dan troli darurat.

Selain untuk membantu pemu­lihan Covid-19, penyerahan hibah ini bagian dari peringatan 50 tahun persahabatan Indonesia dan Fiji.

Baca juga : Pelemahan Rupiah Berdampak Ke APBN

“Sebagai mitra pembangunan Fiji, Indonesia berkomitmen mendukung isu-isu pembangunan prioritas bagi Fiji, terma­suk sektor kesehatan. Kolaborasi ini merupakan wujud solidaritas, persahabatan dan hubungan yang lebih erat antar kedua pemerintah dan rakyat kita,” kata Dubes Du­pito Simamora dalam keterangan resmi, Selasa (25/6/2024).

Terlebih dari itu, lanjut Dubes, kolaborasi keduanya merupakan tujuan bersama untuk saling mendukung dalam mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable De­velopment Goals/SDGs) pada tahun 2030 di tingkat global, re­gional dan nasional. SDGs pada 2030 di tingkat global, regional dan nasional.

Baca juga : Program Makan Gizi Gratis Dianggarkan 71 T

Ratu Atonio Lalabalavu menyampaikan terima kasih atas penyerahan hibah dari Indonesia. Menurutnya, sumbangan tersebut membuat perbedaan pada kehidupan masyarakat saat mencari perawatan kesehatan di fasilitas kesehatan sekalian berkontribusi pada visi kementerian kesehatan Fiji untuk mencapai masyarakat yang sehat jasmani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.