Dark/Light Mode

Kini Mengurus Visa Italia Lebih Mudah, Ada Pusat Aplikasinya di Jakarta

Minggu, 30 Juni 2024 23:02 WIB
Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri (Foto: Istimewa)
Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktivitas wisata dalam 2 tahun terakhir kembali melonjak. Setelah mengalami era pandemi Covid-19, kini banyak negara kembali membuka diri dan lebih siap dikunjungi untuk berbagai kebutuhan.

Begitu pula Italia, yang masih menjadi salah satu negara tujuan wisata paling populer di Eropa. Warisan sejarah dan budayanya yang luar biasa terlihat jelas di tempat-tempat seperti Roma, Venesia, Milan, dan Florence, yang memikat wisatawan domestik dan internasional dengan warisan seni, arsitektur, dan arkeologi yang kaya.

Sehubungan dengan hal tersebut dan masih tingginya minat kunjungan asal Indonesia ke Italia, Kedutaan Besar Italia di Jakarta memperkenalkan layanan baru untuk pengumpulan aplikasi visa dan proses pengiriman di Jakarta melalui Pusat Aplikasi Visa Bersama yang didirikan VFS Global, perusahaan layanan konsuler outsourcing terbesar di dunia. Pusat aplikasi yang berlokasi di Chubb Square, Lantai 9, Jalan MH Thamrin Nomor 10, Jakarta Pusat ini mulai beroperasi sejak 21 Juni 2024. Kantor di Jakarta beroperasional dari pukul 08.00 hingga 16.00, dengan mempertimbangkan kenyamanan para pemohon.

Baca juga : Swiss Vs Italia, Alarm Waspada Buat Gli Azzurri

Peresmian VAC Italia ini dihadiri Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri dan Head Australasia VFS Global Indonesia Kaushik Ghosh.

Benedetto Latteri mengungkapkan antusiasmenya untuk pusat baru ini. Kata dia, pembukaan Pusat Aplikasi Visa Italia di Jakarta menandai langkah signifikan dalam meningkatkan pengalaman aplikasi visa bagi warga Indonesia dan Timor Leste.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang efisien dan mudah diakses bagi semua pemohon. Pusat baru yang dioperasikan oleh VFS Global ini akan mampu berkontribusi untuk mencapai tujuan ini. Kami berharap dapat menyambut lebih banyak pengunjung dari Indonesia dan Timor Leste ke Italia,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (30/6/2024).

VAC Italia bersama VFS Global

Baca juga : BKS Minta Pemiliknya Ditindak

VFS Global bertanggung jawab untuk menerima dan memproses aplikasi visa Italia dari pemohon yang tinggal di Indonesia dan Timor-Leste. Semua aplikasi akan tetap dinilai dan diputuskan oleh Kedutaan Besar Italia di Jakarta. Fitur utama dari pusat ini, termasuk jam operasional yang lebih lama, situs web khusus untuk akses mudah ke informasi visa termasuk jenis visa, biaya yang berlaku, dan status aplikasi, staf profesional dan responsif yang berdedikasi untuk menangani pertanyaan visa, unit pusat panggilan khusus, dukungan email, dan pengiriman paspor ke rumah. Layanan ini akan menarik biaya nominal yang harus dibayarkan di Pusat Aplikasi Visa pada saat pengajuan aplikasi. 

Inisiatif baru ini merupakan bagian dari komitmen Kedutaan Besar Italia untuk meningkatkan pengalaman aplikasi visa dengan membuatnya lebih mudah diakses dan ramah pengguna. Kerja sama dengan VFS Global menegaskan dedikasi Kedutaan Besar Italia dalam rangka memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pemohon visa.

VFS Global saat ini memegang 3.450 pusat aplikasi visa, menangani 151 negara, dan 68 klien pemerintah sejak beroperasi di 2001. Total VFS Global telah menangani proses visa lebih dari 290.089.151 aplikasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.