Dark/Light Mode

Kunjungan Wisman Naik Nyaris 100 Persen

Jepang-Korsel Perang Dingin, Taiwan Ketiban Untung

Selasa, 19 November 2019 16:43 WIB
Atraksi barongsai di Hsinchu, Taiwan, menjadi salah satu daya tarik wisatawan Korsel dan Jepang. (Foto: Twitter Iingwen)
Atraksi barongsai di Hsinchu, Taiwan, menjadi salah satu daya tarik wisatawan Korsel dan Jepang. (Foto: Twitter Iingwen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah perang dingin antara Jepang dan Korea Selatan yang belum kunjung reda, ada pihak yang ketiban untung. Taiwan dikabarkan mendapatkan peningkatan jumlah wisatawan Korsel dan Jepang dalam jumlah besar sejak Agustus lalu.

Biro pariwisata Taiwan mencatat ada peningkatan wisatawan Jepang dan Korsel nyaris 100 persen pada Agustus-Oktober 2019 dibandingkan dengan durasi yang sama pada 2018. Nampaknya, turis Jepang dan Korsel memilih Taiwan sebagai destinasi wisata baru selagi kedua negara saling buang muka.

Baca juga : Penjualan Eceran Mei 2019 Naik 7 Persen, Ini Faktor Pendorongnya

"Turis Jepang dan Korea Selatan enggan mengunjungi satu sama lain akibat ketegangan diplomatik. Hasilnya, mereka mencari lokasi terdekat untuk berlibur," ujar Kepala Biro Pariwisata Taiwan Peter Lin kepada South China Morning Post.

Hubungan Jepang-Korsel memang berada di titik terendah usai pertikaian diplomatik seputar korban Perang Dunia II. Ujung-ujungnya, kedua negara saling boikot produk elektronik, pakaian, makanan hingga enggan mengunjungi negara tetangga.

Baca juga : RBM Perkuat Pasar Susu Kambing Kemasan Bubuk

"Jumlahnya terus naik. Taiwan jadi destinasi wisata alternatif dari turus kedua negara," sambung Manajer Pemasaran agen perjalanan Taipei Yuki Huang. "Perang dagang dan ketegangan diplomatik nampaknya akan masih berlangsung hingga tahun depan. Kalau begitu, kita yang dapat untung," lanjut Huang.

September 2018, tercatat ada 95 ribu turis Korsel datang ke Taiwan. Namun, September tahun ini, angkanya nyaris menyentuh angka 189 ribu orang. Jumlah yang serupa juga dicatat turis Jepang. Agustus 2018, Taiwan mencatat kedatangan 64 ribu wisatawan Negeri Sakura. Pada bulan yang sama tahun ini, angka tersebut menggelembung hingga 112 ribu orang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.