Dark/Light Mode

3 Menteri dan 3 Mantan Menteri Hadiri Resepsi Diplomatik Indonesia di Djibouti

Kamis, 21 November 2019 13:41 WIB
Al Busyra Basnur (Foto: Kedubes Addis Ababa)
Al Busyra Basnur (Foto: Kedubes Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga menteri dan tiga mantan menteri menghadiri Resepsi Diplomatik Indonesia yang diselenggarakan di di Djibouti, Rabu malam (20/11). Menteri tersebut adalah Menteri Luar Negeri Djibouti, Mahmoud Ali Youssouf; Menteri Dalam Negeri Djibouti, Moumin Ahmed Cheikh; dan Menteri Perdagangan Djibouti, Hassan Houmed Ibrahim. 

Sementara mantan menteri adalah mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Djibouti, Hassan Badoul; mantan Menteri Luar Negeri Ethiopia, Workneh Gebeyehu yang sekarang menjabat Executive Secretary IGAD (Inter-Governmental Authority on Development), dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Djibouti, Aicha Mohamed Robleh.

Baca juga : Mendag Amerika Pimpin Misi Dagang ke Thailand, Indonesia dan Vietnam

Menteri Luar Negeri Djibouti, Mahmoud Ali Youssouf, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia dan Djibouti adalah sahabat baik. Kini saatnya kedua negara mengembangkan kerja sama lebih erat lagi di berbagai bidang. “Djibouti ingin terus mengembangkan kerja sama, khususnya di bidang pembangkit energi geothermal dan mengundang investasi dari Indonesia di Djibouti,” ungkap Mahmoud Ali Youssouf, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (21/11).

Duta Besar Al Busyra Basnur menyampaikan capaian perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Djibouti. Disebutkan pula partisipasi Menteri Perdagangan Djibouti pada Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) pada 20-21 Agustus 2019, dan Seminar Bisnis Indonesia-Djibouti pada 19 November 2019 di Djibouti. 

Baca juga : Meriah, Resepsi dan Pertunjukan Seni Budaya Indonesia di Naples

Resepsi Diplomatik ini dihadiri lebih 150 orang. Yang berasal dari kalangan pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat, serta masyarakat Indonesia di Djibouti. Ini merupakan resepsi Indonesia pertama setelah lebih lima tahun tidak diselenggarakan di Djibouti. Resepsi ini juga dalam rangka memperingati 40 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Djibouti. 

“Walapun hubungan bilateral Indonesia dengan Djibouti dirangkap dari Addis Ababa, Ethiopia, namun melalui resepsi ini kami dapat bertemu langsung dengan mitra kami. Bahkan kehadiran tiga Menteri dan 3 mantan Menteri menunjukkan hubungan kedua negara penting dan erat,” ungkap Mohammed, salah seorang tamu yang hadir. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.