Dark/Light Mode

Ketika Universitas La Rochelle “Diserang” Indonesian Week

Kamis, 5 Desember 2019 23:31 WIB
Kegiatan Indonesian Week yang digelar di Universitas La Rochelle, Prancis, 25-29 November 2019. (Foto: KBRI Paris)
Kegiatan Indonesian Week yang digelar di Universitas La Rochelle, Prancis, 25-29 November 2019. (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas La Rochelle, sebuah unversitas negeri di kota La Rochelle, Prancis, telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia. Di antaranya adalah Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret. Kota La Rochelle sendiri secara bilateral mengadakan kerja sama dengan Kendari. 

La Rochelle adalah kota pesisir di barat daya Prancis dan menjadi destinasi ketiga pelajar Indonesia. Menurut data Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) La Rochelle, jumlah pelajar di kota ini pada tahun ajaran 2009-2010 sebanyak 20 orang dan dispora sekitar 11 keluarga. Jumlah ini tentu selalu berubah, karena setiap tahun ada saja yang datang dan pergi, ditambah pula dengan short student atau pertukaran mahasiswa. 

Baca juga : BNI Hong Kong Promosikan Investasi dan Ekspor Indonesia

Di Fakultas Bahasa, Sastra, Seni, dan Ilmu Humaniora, Universitas La Rochelle, terdapat prodi bahasa asing terapan yaitu Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, dan Bahasa Indonesia. Sebagai salah satu program memperkenalkan prodi bahasa Indonesia dan pembelajaran Bahasa Indonesia secara lebih luas, pada 25-29 November 2019 diselenggarakan Indonesian Week

Kegiatan dalam Indonesia Week ini terdiri dari kuliah tamu, pameran poto, lomba poster, pemutaran film Indonesia, dan malam keakraban. Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sekitar 85 orang, dan pengunjung yang hadir adalah seluruh mahasiswa di fakultas, serta para dosen, hingga Prof Ogier, Presiden Universitas La Rochelle.

Baca juga : China Tawarkan Beasiswa untuk Santri Indonesia

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris, Prof Warsito, menjadi juri dalam lomba poster. Perintis dan sekaligus dosen Bahasa Indonesia di Universitas La Rochelle, Dr. Chandra Nuraini, mengatakan, pembelajaran Bahasa Indonesia diselenggarakan sejak 1996 dan berkembang hingga saat ini. Oleh karena itu, diharapkan segera berdiri Rumah Budaya Indonesia di Universitas La Rochelle. 

Para peserta lomba poster mengangkat tema Indonesia. Di antaranya tentang unicorn yang ada di Indonesia, tentang Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, tentang Tantangan Revolusi Industri 4.0. Foto-foto yang dipajang adalah karya para mahasiswa S2 saat mereka mengikuti program pertukaran pelajar di Indonesia. Paling banyak mengangkat tema spot-spot wisata yang menarik, contoh daerah Braga di Bandung. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.