Dark/Light Mode

Dituding Mau Sodomi Asistennya, Anwar: Menjijikkan

Sabtu, 7 Desember 2019 08:42 WIB
Anwar Ibrahim. (Foto: Instagram Anwar Ibrahim)
Anwar Ibrahim. (Foto: Instagram Anwar Ibrahim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang kongres Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim kembali digoyang isu tidak sedap. Mirip dengan kasus yang membuatnya harus mendekam dipenjara selama 5 tahun, yakni sodomi.

Tuduhan itu dilontarkan oleh seorang pria bernama Muhammed Yusoff Rawther. Dia pernah menjadi asisten peneliti bagi PKR yang dipimpin Anwar. 

Pria 26 tahun ini, mengutarakan tuduhannya itu melalui video yang diunggah di akun Facebook  pada Rabu (4/12) lalu. Dia bilang, Anwar pernah berusaha memaksa dia untuk melakukan oral seks dan anal seks di kantornya tahun lalu. 

Baca juga : Tuding Morales Dikudeta, Meksiko Tawari Suaka

Peristiwa itu terjadi pada masa awal kampanye pemilihan sela Port Dickson 2018 lalu. Ketika itu, Anwar baru beberapa bulan bebas dari penjara. 

"Peristiwa itu keji, berbahaya, menjijikan secara moral dan kriminal. Kejadian itu telah membuat saya trauma dan terganggu hingga batas tertentu," tutur Yusoff dalam video. Dia beralasan, pernyataan itu sengaja dirilis, karena dia khawatir dengan keselamatannya.

Lalu apa respon Anwar? Dia mengaku tidak kaget. Ia balik menuding bahwa itu adalah politik kotor yang sengaja diarahkan padanya jelang kongres PKR, akhir pekan ini. 

Baca juga : Senandung untuk Bumi Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

"Ini sudah menjadi budaya di negara ini dan itu menjijikkan. Saya mendengar tentang hal ini bulan lalu, itu bukan hal baru?," kata Anwar kepada para wartawan kemarin.

Menurut calon Perdana Menteri Malaysia itu, tuduhan itu adalah bagian dari politik busuk terhadapnya. Dia mencium, ada agenda besar dan tujuan tertentu. "Tindakannya dimaksudkan untuk menodai citra saya menjelang Kongres Nasional PKR ke-14 dan proses transisi kekuasaan," ujarnya.

Anwar dengan tegas menyebut tuduhan itu sebagai fitnah tak berdasar. Tuduhan ini, kata dia akan diselesaikan lewat jalur hukum. "Saya menyangkal secara tegas fitnah tak berdasar ini," tegas Anwar.

Baca juga : Militer Filipina Lirik Alutsista Karya Anak Bangsa

Seperti dilansir Malay Mail, Yusoff merupakan cucu dari mendiang SM Mohamed Idris yang merupakan mantan Presiden Asosiasi Konsumen Penang (CAP). Kakek Yusoff, Mohideen Abdul Kader, yang kini menjabat Presiden CAP, mengecam tuduhan yang dilontarkan cucunya itu sebagai 'politik sodomi'. Dia meyakini Yusoff telah dieksploitasi oleh politikus lainnya yang ingin memperebutkan kekuasaan.

Direktur Komunikasi PKR, Fahmi Fadzli juga menilai ada yang janggal dalam pernyataan Yusoff. Apalagi tidak ada keluarga yang membelanya. "Bahkan jika tuduhan itu terjadi, kenapa tidak diungkap setahun lalu? Mengapa menunggu dua hari sebelum Kongres (PKR) untuk mengungkapnya," tanya dia. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.