Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hangat dan Meriah, Suasana Natal Masyarakat Indonesia di Roma

Kamis, 19 Desember 2019 00:18 WIB
Suasana Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Wisma Duta Besar RI, di Roma, Minggu (15/12). (Foto: KBRI Roma)
Suasana Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Wisma Duta Besar RI, di Roma, Minggu (15/12). (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 250 masyarakat dan sahabat Indonesia dari berbagai daerah di Italia berkumpul di Wisma Duta Besar RI, di Roma, Minggu (15/12) untuk berbagi sukacita Natal

Dalam keterangan resmi KBRI Roma, acara diawali dengan ibadah Natal untuk umat Kristiani yang dipimpin Romo Agustinus Purnama. Acara dilanjutkan dengan Perayaan Natal yang dihadiri masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang agama dengan sejumlah acara yang meriah.

Baca juga : KPK Garap Mantan Direktur Produksi Garuda Indonesia

Dalam ibadah Natal dengan tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang", Romo Agustinus menekankan pentingnya mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan, dan mendorong setiap umat untuk berinisiatif menjadikan dirinya sebagai sahabat bagi semua orang.

Pada acara Perayaan Natal ini, ada sejumlah persembahan kidung natal oleh Grup Oikumene Roma, GBI Mawar Sharon Roma, juga perwakilan rohaniawan Katolik. Para staf KBRI Roma, Dubes dan staf KBRI Vatikan serta Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Roma juga bergantian menghangatkan suasana dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia sebagai ungkapan kebersamaan.

Baca juga : Ratusan Orang Hadiri Pagelaran Budaya Indonesia di Vatikan

Sinterklas pun ikut membawa sukacita bagi anak-anak Indonesia yang hadir, dengan membagikan bingkisan sederhana. Anak-anak belajar berbagi kebersamaan sambil menyanyikan lagu "Pelangi-pelangi" dan "Balonku". 

Kerinduan masyarakat Indonesia kepada Tanah Air seolah terobati dengan menikmati sajian mie bakso, ayam bakar, ikan balado serta kue pukis dan dadar gulung. Sajian ini semakin pas, di tengah temperatur kota Roma yang cukup dingin hari itu.

Baca juga : SEA Games 2019 : Sesmenpora Yakin Indonesia Peringkat Dua

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar senantiasa menjaga persatuan dan mengedepankan persahabatan. "Dalam setiap langkah kita semua, menawarkan persahabatan yang berlandaskan cinta kasih akan menghilangkan berbagai perbedaan yang kita miliki. Pesan Natal 2019 adalah pesan persahabatan yang membawa kita kembali kepada sejarah bangsa Indonesia, cita-cita bersama Indonesia dan perjuangan bersama bagi kemanusian yang bermartabat," kata Dubes Esti. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.