Dark/Light Mode

Wombat, Penyelamat Hewan-hewan Lain Saat Kebakaran Hutan di Australia

Sabtu, 18 Januari 2020 16:44 WIB
Wombat, hewan khas Australia. (Foto: abc.net)
Wombat, hewan khas Australia. (Foto: abc.net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu berita yang viral saat musim kebakaran hutan di Australia adalah tentang hewan wombat. Wombat yang berbagi sarangnya dengan hewan-hewan lain untuk menyelamatkan diri dari api.

Wombat bisa dikatakan tidak sengaja menjadi pahlawan saat kebakaran hutan terjadi, dengan menyediakan tempat bernaung yang aman di bawah tanah untuk hewan lain.

Baca juga : Duet Bareng Adnoc, Pertamina Kembangkan Kilang Terintegrasi Petrokimia di Balongan

Sarang mereka di bawah tanah, dikenal dengan istilah 'wombat warrens', membentuk sebuah jaringan yang saling menyambung dalam skala besar yang kompleks.

Di bukunya 'Wombats', penulis Barbara Triggs mengatakan ada seekor serigala yang pernah dikejar oleh wombat dari sarangnya. Bahkan adanya tulang belulang serigala dan anjing menunjukkan tidak semua hewan diterima oleh wombat.

Baca juga : Juara Lagi, Serena Sumbang Hadiah Untuk Korban Kebakaran di Australia

Hewan khas Australia ini viral karena dianggap "membantu" hewan-hewan lain di hutan dan semak-semak yang sedang kebakaran.⠀

Di dalam lubang dengan suhu lebih stabil dibandingkan di permukaan. Hewan-hewan mamalia kecil menggunakan sarang wombat ini untuk berlindung dari bencana alam yang sedang terjadi.⠀[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.