Dark/Light Mode

Novel Coronavirus Sudah Renggut 304 Nyawa, Total Kasus Global 13.972

Minggu, 2 Februari 2020 07:01 WIB
Foto: Net
Foto: Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Kesehatan Provinsi Hubei, China yang merupakan pusat penyebaran novel coronavirus melaporkan 45 kasus kematian baru dan 1.921 tambahan kasus terinfeksi akibat virus tersebut di wilayahnya, pada Sabtu (1/2).

Sejak pertama terkonfirmasi pada akhir Desember 2019, virus Corona Wuhan itu telah merenggut 304 nyawa warga China daratan, dalam 13.801 kasus.

Secara total global, novel coronavirus telah menjangkiti 13.972 orang di 23 negara. Tak ada angka kematian yang dilaporkan di luar China.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Warga Asing Yang Datang Dari China, Tak Boleh Masuk Australia

Pemerintah Provinsi Hubei juga melaporkan, 9.064 kasus telah terkonfirmasi. Sementara kasus yang masih berada dalam tahap observasi, berjumlah 43.121.

Dari jumlah yang telah terkonfirmasi itu, 1.118 di antaranya berada dalam kondisi parah, dan 444 kritis. Jumlah warga yang terinfeksi, dan angka kematian akibat kasus infeksi virus Corona Wuhan ini dipastikan masih terus bertambah.

Seperti dilansir South China Morning Post pada Minggu (2/2), ilmuwan Universitas Hong Kong memprediksi jumlah warga Wuhan yang terinfeksi virus berbahaya pada Jumat (1/2), bakal tembus ke angka 75.815.

Baca juga : Korban New Coronavirus Terus Berjatuhan, 170 Tewas, Total Kasus Global 7.892

Penelitian yang dipublikasikan di The Lancet pada Sabtu (1/2) itu mengasumsikan bahwa masing-masing orang yang terinfeksi, dapat menulari 2,68 orang lainnya. Estimasi ini mengambil data pada Selasa (29/1).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status darurat global kesehatan masyarakat terhadap kasus wabah novel coronavirus pada Kamis (30/1).

AS, Uni Eropa, Rusia, Australia, dan Singapura telah melarang warga negara China atau warga negara asing lainnya, yang memiliki riwayat perjalanan ke China belakangan ini, untuk memasuki negaranya. Kebijakan ini diambil untuk menekan laju penyebaran novel coronavirus di negara-negara tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.