Dark/Light Mode

Dubes Malaysia Promo Wisata Medis Dan Berobat Murah

Selasa, 11 Februari 2020 07:36 WIB
(dari kiri) Pengurus Besar Tourism Selangor Encik Azrul Shah Bin Mohamad, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare (MHTC) Expo 2020  Nik Yazmin Nik Azman, Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar, Timbalan Setiausaha Kerajaan Negeri Selangor Nor Fuad Abdul Hamid, dan Director of Tourism Malaysia Encik Roslan Othman bersama maskot MHTC 2020 berfoto dalam pembukaan MHTC Expo 2020 di Jakarta, Kamis (6/2). MHTC Expo 2020 menawarkan berbagai layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia. (Foto Khairizal/RM)
(dari kiri) Pengurus Besar Tourism Selangor Encik Azrul Shah Bin Mohamad, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare (MHTC) Expo 2020 Nik Yazmin Nik Azman, Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar, Timbalan Setiausaha Kerajaan Negeri Selangor Nor Fuad Abdul Hamid, dan Director of Tourism Malaysia Encik Roslan Othman bersama maskot MHTC 2020 berfoto dalam pembukaan MHTC Expo 2020 di Jakarta, Kamis (6/2). MHTC Expo 2020 menawarkan berbagai layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia. (Foto Khairizal/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) menggelar pameran pelayanan kesehatan berkualitas dunia di Negeri Jiran dalam Malaysia Healthcare Expo 2020 di Jakarta.

Pameran berlangsung pada 6 hingga 9 Februari di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara yang diikuti oleh kurang lebih 16 fasilitas kesehatan swasta Malaysia. Gelaran yang dihelat tiap tahun ini dianggap sukses menjadikan Malaysia sebagai salah satu tujuan wisata medis bagi masyarakat Indonesia maupun beberapa negara di Asia lainnya.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar mengatakan pada 2019, jumlah kedatangan orang Indonesia ke Malaysia tercatat sebanyak 3,6 juta dengan pendapatan lebih kurang 12 juta ringgit. Dengan angka kedatangan itu, tercatat lebih dari 40 persen adalah datang untuk tujuan berobat.

“Destinasi medis yang utama adalah di Kuala Lumpur, Selangor, Penang dan Melaka,” ujarnya di saat membuka Malaysia Healthcare Expo di Jakarta, Kamis (6/2).

Baca juga : 2 WN Malaysia Yang Baru Dievakuasi Dari Wuhan, Kena New Coronavirus

Menurutnya, Malaysia menjadi pilihan tujuan berobat atau wisata medis dengan beberapa alasan. Di antaranya, value for money, nilai tukar ringgit lebih murah dibandingkan dengan negeri jiran lainnya.

“Dengan demikian, harga perobatan tidak mahal dan terjangkau. Ditambah lagi, dengan pelayanaan yang berkualitas serta jarak yang dekat dan kemudahan dalam berkomunikasi,” promosinya.

Malaysia juga menyediakan berbagai kemudahan untuk melayani pasien. Saat tiba di bandara, disediakan kemudahan peralatan seperti kursi roda hingga lounge untuk menunggu kendaraan yang akan membawa ke rumah sakit yang dituju.

Tahun ini, Malaysia menjalankan kampanye Tahun Melawat Malaysia atau Visit Malaysia 2020. Kampanye ini menargetkan sekitar 30 juta pelancong.

Baca juga : Djoker Jadi Raja Tenis, Kenin Peringkat Tujuh

“Dari Indonesia, kita menargetkan lebih kurang empat juta pelancong. Untuk mencapai target ini, berbagai usaha harus dijalankan. Salah satunya adalah dengan acara Malaysia Healthcare Expo 2020,” kata Dubes Malaysia.

Chief Commercial Officer MHTC Nik Yazmin Nik Azman menjelaskan pameran tersebut menghadirkan berbagai penawaran pelayanan kesehatan berkualitas dunia dengan paket perawatan yang menarik dan terjangkau.

“Sistem perawatan kesehatan Malaysia diatur secara ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang mengedepankan keselamatan pasien serta biaya perawatan terjangkau. Jadi orang Malaysia maupun orang Indonesia kalau berobat biaya sama saja, tak ada dibedakan,” katanya.

Tak hanya itu, para wisatawan kesehatan mancanegara juga dapat menikmati berbagai layanan kesehatan dan kebugaran menarik sambil dikelilingi pemandangan alam khas Malaysia yang menakjubkan.

Baca juga : Milenial Bisa Coba Wisata Kapal Pesiar

“Setelah Jakarta, di sepanjang 2020 Malaysia Healthcare akan hadir di kota-kota lain di Indonesia, termasuk Surabaya, Pekanbaru, dan Makassar,” tutupnya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.