Dark/Light Mode

Cegah Corona, Jokowi Pantau Sterilisasi Masjid Istiqlal

Jumat, 13 Maret 2020 16:12 WIB
Presiden Jokowi meninjau sterilisasi Masjid Istiqlal, Jakarta Jumat (13/03). (Foto: Humas/Jay)
Presiden Jokowi meninjau sterilisasi Masjid Istiqlal, Jakarta Jumat (13/03). (Foto: Humas/Jay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah serangan wabah virus corona, Presiden Jokowi meninjau proses pembersihan, atau sterilisasi Masjid Istiqlal dari wabah Virus Corona , Jumat (13/03). 

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi menyampaikan, bahwa Presiden menyaksikan upaya menggulung semua karpet yang ada di Masjid Istiqlal ini dan kemudian menyemprot dengan antiseptik. 

”Upaya kita membuat masjid lebih baik dan seteril. Mudah-mudahan bibit-bibit penyakit hilang. Semua masjid harus melakukan dua hal yang sama.  Pertama menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit,” ujar Menag usai mendampingi Presiden di Masjid Istiqlal, Provinsi DKI . 

Baca juga : Mewabahnya Corona, Penumpang MRT Masih Tinggi

Kedua,  yakni penyemprotan antiseptic di maisng masing area Masjid. 

”Kita sarankan sementara waktu tidak  bersalaman apalagi cipika-cipiki tidak usah lagi, karena ternyata itu media untuk penularan penyakit,” ujarnya. 

Kemudian, lanjut Menag, pastikan pengambilan air wudhu betul-betul mengalir dengan baik. 

Baca juga : Cegah Corona, Dewan Masjid Indonesia Semprot 10.000 Masjid Dengan Disinfektan

”Kemudian di tiap-tiap tempat duduk disiapkan sabun dan antiseptic. Mudah-mudahan dengan itu akan lebih baik, penularan penyakit peluangnya akan menjadi lebih kecil,” tambah Menag. 

Jelang Ramadan, Menag sepakat Ramadan, tarawih maupun buka puasa bersama tetap diadakan sebagai mana biasa. 

”Kecuali ada perubahan-perubahan situasi yang membuat situasinya menjadi sangat jelek. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi kami garis bawahi untuk sementara waktu ini sampai ada perubahan, tapi mudah-mudahan tidak ada perubahan salat tarawih maupun salat-salat jamaah lainnya dan juga buka puasa bersama tetap kita selenggarakan sebagaimana mestinya,” ujar Menag. 

Baca juga : Arteta Positif Corona, Tiga Pemain Leicester Diisolasi

Diketahui, Presiden Jokowi meninjau proses sterilisasi yang dilakukan oleh petugas di dalam masjid. 

Peninjauan selesai pukul 09.25 dan Presiden langsung meninggalkan lokasi. Kepala Negara tiba di lokasi sekitar pukul 09.10 WIB didampingi Oleh Menteri Agama, Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.