Dark/Light Mode

Timor Leste Lockdown, WNI Tertahan di Pos Lintas Batas Negara

Kamis, 19 Maret 2020 17:10 WIB
Timor Leste Lockdown, WNI Tertahan di Pos Lintas Batas Negara

RM.id  Rakyat Merdeka - Belasan warga negara Indonesia (WNI) tertahan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kabupaten Belu, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, setelah Pemerintah Timor Leste menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19.

"Ada belasan warga Indonesia yang tertahan di PLBN Motaain, karena kebijakan lockdown dari Pemerintah Timor Leste yang baru dimulai pada Kamis (19/3) ini," kata Kepala Imigrasi Atambua K. A. Halim seperti dikutip Antara, Kamis (19/3).

Informasi terkait kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19 itu diketahui Halim, setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Timor Leste yang berada di Batugede.

Baca juga : Dorong Lockdown, Putu Sarankan Jokowi Tiru Program SBY

"Pihak Imigrasi di Batugede, mengaku baru mendapat perintah lisan dari pemerintahnya terkait dengan penutupan akses pelintas WNI ke Timor Leste," ungkap Halim.

Ia menyayangkan keputusan lockdown dari Timor Leste, yang tidak dikomunikasikan  terlebih dahulu dengan pemerintah Indonesia.

"Mestinya, ada koordinasi dulu sebelum lockdown. Jangan sampai pelintas batas WNI dirugikan seperti ini," katanya.

Baca juga : Lockdown 15 Hari, Prancis Terjunkan 100 Ribu Polisi Untuk Awasi Warga

Terpisah, Pelaksana Tugas Administrator BNPP PLBN Motaain Engelberthus Klau membenarkan adanya belasan WNI yang tertahan di perbatasan itu.

Menurutnya, kondisi tersebut ke pimpinan di kementerian terkait.

"Kami sudah melaporkan hal ini ke deputi, meskipun hingga saat ini PLBN Motaain masih tetap melakukan pelayanan," katanya kepada Antara.

Baca juga : BNI Berikan Fasilitas Istimewa Buat Nasabah Emerald

Pelayanan di PLBN Motaain terus dilakukan, dan baru akan ditutup apabila memang ada perintah lockdown dari pemerintah pusat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.