Dark/Light Mode

Rentan Covid-19, Singapura Beri Kemudahan Belanja Bagi Lansia Hingga Bumil

Selasa, 24 Maret 2020 17:15 WIB
Waktu prioritas belanja di supermarket Singapura untuk lansia, ibu hamil dan orang yang rentan terpapar Covid-19. (Foto Facebook/NTUC)
Waktu prioritas belanja di supermarket Singapura untuk lansia, ibu hamil dan orang yang rentan terpapar Covid-19. (Foto Facebook/NTUC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Singapura memberi kemudahan bagi warga lanjut usia/lansia, ibu hamil/bumil dan warga penyandang disabilitas untuk berbelanja di tengah pandemi global Covid-19. Mereka  mendapat jam khusus untuk bebas memilih keperluan mereka di supermaket FairPrice tanpa harus khawatir terpapar virus Sars-CoV-2, keluarga virus corona penyebab Covid-19.

Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan Singapura, ketiga kategori warga tersebut merupakan orang yang rentan tertular Covid-19. Maka, untuk meminimalisir paparan virus terhadap mereka, pihak FairPrice memberikan jam khusus bagi ketiga kategori warga ini. Setiap Senin pagi, mulai pukul 7-8 pagi, di semua jejaring supermaket FairPrice. Kebijakan ini dimulai Senin pekan depan (30/3). Supermarket beroperasi 24 jam.

"Jam berbelanja khusus ini kami sediakan untuk warga prioritas agar mereka bisa berbelanja dengan aman dan tanpa was-was," jelas Chief Executive NTUC FairPrice Seah Kian Peng dikutip Strait Times, Selasa (24/3). NTUC kepanjangannya National Trades Union Conggres.

Baca juga : Perangi Covid-19, Iran Keluhkan Sanksi Ekonomi AS

Bagi mereka yang akan berbelanja di waktu khusus ini harus menunjukkan kartu Pioneer Generation kepada petugas FairPrice. Dengan menunjukkan kartu khusus ini, pelanggan juga akan mendapatkan diskon tambahan jika mereka berbelanja pada Senin dan Rabu.

Pemilik kartu Pioneer Generation adalah mereka yang berusia 16 tahun di hari kemerdekaan Singapura dan mereka yang berusia di atas 71 tahun. Bumil dan warga penyandang dissabilitas dan berkebutuhan khusus diminta menyampaikan kondisi kesehatan mereka kepada staf FairPrice agar bisa mendapatkan kemudahan berbelanja di waktu khusus.

FairPrice adalah jejaring suepermaket terbesar di Singapura. Ada lebih dari 200 toko dan melayani lebih dari 600 ribu pelanggan tiap harinya.

Baca juga : Terinfeksi Covid-19, Besan Ayatollah Ali Khamenei Meninggal Dunia

Demi mematuhi anjuran Kemenkes Singapura untuk menjaga jarak pribadi sejauh 1 meter. FairPrice memasang penanda jarak 1 meter di kasir mereka.

Semua makanan sampel juga ditiadakan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus. Petugas FairPrice juga meningkatkan kebersihan di toko mereka dengan menyediakan hand sanitizer dan membersihkan troli dan rak yang sering dipegang pelanggan. Semua petugas FairPrice juga menjalani pengecekan suhu tubuh dua kali sehari.

Langkah itu juga diikuti Dairy Farm Group, yang mengoperasikan Cold Storage, Giant, Market Place dan Jason Deli. Mulai pekan ini, jam pertama buka toko pada Selasa dan Rabu akan disisihkan untuk lansia dan kelompok rentan lainnya. Dairy Farm Group buka 24 jam. Untuk jam belanja khusus adalah dari jam 8 pagi hingga jam 9 pagi. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.