Dark/Light Mode

Telepon Jokowi, Xi Tegaskan Kesiapan China Bantu Indonesia Perangi Covid-19

Jumat, 3 April 2020 08:32 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Humas Kemlu)
Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Humas Kemlu)

 Sebelumnya 
Dengan memperhatikan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia, Xi menyampaikan keinginan China untuk melanjutkan kerja sama yang mendalam dengan Indonesia dalam progran Belt and Road, dan meningkatkan jalinan kemitraan strategis kedua negara.

Selain menekankan pentingnya sinergi yang kokoh dalam mengatasi Corona, Pemimpin Pusat Militer China (CMC) itu juga mengajak Indonesia bekerja sama lebih erat lagi, dalam mendorong negara-negara maju G20 dan masyarakat internasional memainkan perannya dalam mengatasi krisis ekonomi global.

Baca juga : Liga Indonesia Baru Puji Aksi Sosial Suporter Perangi Covid-19

Di lain pihak, Jokowi menilai di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat China telah melewati pencapaian penting dalam memerangi wabah tersebut. Sehingga, dunia dapat belajar darinya.

"Terima kasih atas bantuan dan dukungan China kepada Indonesia dalam mengatasi wabah Corona. Bantuan China sangat penting bagi Indonesia," demikian pernyataan Jokowi yang beredar di sejumlah media resmi China, Jumat (2/4).

Baca juga : MUI Imbau Orang Kaya Tunaikan Zakat dari Sekarang, Bantu Sesama di Tengah Wabah Covid-19

"Virus tidak mengenal batas negara dan telah menjadi musuh bersama umat manusia, sehingga Indonesia sangat menentang stigmatisasi dan siap bekerja sama dengan China guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.